Partisipasi Warga Jabar 73 Persen, Pasangan Rindu Sementara Unggul

Calon gubernur Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil menunjukkan surat suara sebelum menggunakan hak pilih, di TPS 21 Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/6). (Foto: Antara) 
JABARCENNA.COM, Bandung - Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat berlangsung sukses, aman dan lancar dengan tingkat partisipasi mencapai 73 persen. 

Sementara itu, berdasarkan quick count yang dilakukan Litbang Kompas, pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu) untuk sementara unggul dengan perolehan suara 32,54 persen, dan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu di posisi kedua dengan 29,53 persen, ketiga Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 25,72 persen, dan terakhir Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 12,2 persen dengan presentasi sampel masuk 100 persen.

Tidak terlalu jauh berbeda, data resmi berdasarkan Real Count KPU, pasangan Emil-Uu memperoleh 32,74 persen, Hassanudin-Anton 13,59 persen, Sudrajat-Syaikhu 25,95 persen, dan Deddy-Dedi 27.99 persen dengan data masuk 10,67 persen atau 7.997 dari 74.954 TPS di Jawa Barat hingga pukul 17.45 WIB.

Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan menuturkan tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Serentak Jawa Barat 2018 meningkat dari 63 menjadi 73 persen.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, partisipasi masyarakat meningkat. Ini berarti meningkat dibandingkan pilkada sebelumnya, (Pilgub Jawa Barat 2013), yang hanya sekitar 72 persen," kata Iriawan usai video conference Desk Pilkada Jawa Barat dengan KPU kabupaten/kota se-Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Rabu, 27 Juni 2018.

Peningkatan partisipasi warga dalam Pilkada kali ini, menurut Iriawan, tidak terlepas dari gencarnya sosialiasi yang dilakukan pemerintah daerah, KPU, dan juga pihak media massa.

"Tentu, juga masyarakat sudah sadar akan haknya untuk memilih pemimpin. Walaupun pilihan beda-beda, tetapi semua berlangsung aman dan damai. Ini kebahagian buat kita tentunya" kata Iriawan.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Barat  Yayat Hidayat juga menuturkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat terkait meningkatnya partisipasi pemilih di Pilkada Serentak Jawa Barat 2018.

"Terima kasih, ini semua juga tak lepas dari peran serta teman-teman media yang ikut serta memberitakan berita-berita positif," kata dia. 

Atas keunggulan sementara yang diperoleh pasangan Rindu, Ridwan Kamil selaku Calon Gubernur mengatakan, selain merasa bahagia atas kepercayaan yang diberikan masyarakat, dia juga berharap agar para pendukungnya tidak melakukan eforia yang berlebihan hingga saatnya pengumuman resmi dilakukan KPUD Jawa Barat.

"Yang ada sekarang menyukuri berita baik, karena berita baik muncul dalam `quick count`. Mudah-mudahan di beberapa hari ke depan berita baik ini diformalkan melalui pengumuman resmi dari KPU," ujar Ridwan Kamil di Hotel Papandayan, Kota Bandung, seperti dikutip Antara, Rabu (27/6).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, meski dalam hitung cepat unggul atas kandidat lain, namun ia tak ingin berpikir terlalu jauh mengenai apa yang akan dilakukan ke depannya.

Ia baru akan merancang berbagai program setelah ketetapan dari KPU diumumkan beberapa hari setelah pemilihan.

"Sebelum KPU menyampaikan hasil resmi kami tidak bisa terlalu jauh menerjemahkan dan menindaklanjuti terhadap rencana rencana selanjutnya," kata dia.


.asep/tn