Jelang Hari Jadi Kuningan, Jajaran Pemda Ziarah Ke Makam Leluhur

JABARCENNA.COM, Kuningan- Dalam rangka menjelangnya peringatan Ke-520 Hari Jadi Kuningan, jajaran pejabat lingkup Pemda Kabupaten Kuningan lakukan ziarah ke makam leluhur kuningan termasuk kepada makam mantan Bupati Kuningan tersahulu. 
Hal ini dilakukan seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. Dan Ziarah tersebut dipimpin oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH. MH bersama unsur Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah Kuningan, Ketua MUI, Ketua Tim Penggerak PKK dan unsur organisasi lainnya, Selasa 28 Agustus 2018.
Ziarah diawali ke Makam Pangeran Arya Kamuning, Raden Saleh Alibasah yang pernah menjabat Bupati Kuningan, Syekh Maulana Akbar, dilanjutkan ke Kel. Winduherang Pangeran Ramajaksa. Kemudian ke Cikaso ke Makam Bupati Subandi, dilanjutkan ke Makam umum Winduhaji yakni ziarah ke Bupati sebelumnya yakni Hj. Utje Ch Suganda, lanjut ke Makam Bupati Arifin Setiamihardja yang di makamkan di Luragung terakhir ke Ciwaru Bupati R. Aruman.
Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, selaku penerus cita-cita para leluhur senantiasa memberikan penghormatan. Dengan cara menghargai para leluhur bisa menjadi contoh untuk kita.
“Adanya kita karena adanya mereka, adanya pemerintahan karena adanya pemerintahan sebelumnya. Jadi sepantasnya kita sebegai generasi penerusnya untuk senantiasa mendoakanya dan menteladani jasa-jasa kebaikannya,” tutur Bupati Acep. 
Mereka adalah orang tua kita, disinilah kita belajar agar bertingkah laku sopan santun kepada orangtua. Dan bisa menjadi pembelajaran buat siapapun untuk bisa memiliki rasa hormat, sehingga bisa dijadikan contoh untuk masyarakat Kuningan agar terus memberikan semangat baru dalam menjalankan kehidupan. "Tambah Acep
Ketua MUI Kabupaten Kuningan, K.H. Azis Ambar Nawawi, Lc, yang berkenan memimpin doa, memanjatkan doa semoga para sesepuh Mulia di sisi Allah SWT, karena begitu banyak kebaikan yang mereka tebarkan. “Hal ini dapat menumbuhkan bagi kita untuk lebih memanfaatkan sisa hidup ini. Dengan memperbanyak amal sebagai bekal kita nanti,” kata Ketua MUI, KH. Azis

.iwn