Warga Cimande Ilir Terisolir Tol Bocimi, Tuntut Dibangun JPO

JabarCeNNa.com, Bogoor - Warga Desa Cimande Ilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor menuntut dibangunya Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) untuk akses jalan akibat terisolirnya warga oleh jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang segera akan diresmikan.

Akibat berdirinya jalan tol Bocimi, aktivitas warga terganggu, baik untuk sekolah, belanja maupun mengaji ke kampung di seberang tol.

"Warga terpaksa memutar jauh. Kalau yang punya motor sih, enak, tapi kalau yang gak punya motor, terpaksa tiap hari jalan kaki, itu kan jauh," ucap Iskandar salah seorang warga setempat, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Iskandar mengatakan setidaknya dua kampung di Desa Cimande Ilir yang terisolir, yakni Kampung Bojong Menteng dan Kampung Tengek.

Selain itu, warga juga menuntut dibuatnya saluran air, pasalnya, akibat pembangunan tol Bocimi wilayah kedua kampung tersebut selalu digenangi air.

"Kita juga menuntut pembangunan saluran air segera diselesaikan," kata Iskandar.

Iskandar melanjutkan, jika sesuai jadwal maka peresmian jalan tol Bicomi oleh Presiden Jokowi, tidak lama lagi. 

"Ini sudah akhir Oktober, dan jika JPO dan saluran air belum juga dibuatkan hingga saat persemian, maka warga akan melakukan unjuk rasa saat peresmian" ungkap Iskandar.

Unjuk rasa yang akan dilakukan itu bukan berarti warga tidak mendukung pembangunan jalan tol Bicomi.

"Warga mendukung tol Bicomi, tetapi pemerintah juga harus memahani kondisi warga," tegas Iskandar.

.nur/tn