Jargon 'Lumpat' Aa Umbara Maknai itu Sebagai Sebuah Filosofi

JabarCeNNa.Com, Ngamprah - Mungkin banyak yang bertanya dengan Jargon "Lumpaaat" yang di buat oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara dalam kepemimpinannya sekarang. 

Penjelasan makna dalam jargon "Lumpaat" tersebut Aa Umbara Sutisna jelaskan saat melepas Kontingen Porpemda XIV Kab.  Bandung Barat, Kamis 22 November 2018 di Gedung Utama komplek Pusat Perkantoran Pemda Bandung Barat. 

Menurutnya, Jargon Lumpat tersebut mengandung filosofi dan makna mendalam. Lumpat berasal dari Bahasa Sunda buhun yang mengandung arti "Lumampah Mawa Mangpaat". Makna yang dapat diambil dari jargon tersebut adalah sebuah proses perjalanan seseorang dalam mencapai sebuah tujuan sehingga memberikan manfaat bagi orang banyak.

"Saya memaknai jargon Lumpat sebagai sebuah proses perjalanan yang dilakukan Pemerintah Kab. Bandung Barat dalam mencapai berbagai tujuan, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Dan keberadaan pemerintah bisa lebih dirasakan oleh masyarakat dalam seluruh proses pembangunan yang lebih pro rakyat," jelasnya 

Ia juga berharap jargon tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Kab. Bandung Barat melalui penjabaran Visi AKUR (Aspiratif Kreatif Unggul dan Religius) dalam roda pemerintahan dan kehidupan sehari-hari.

Bupati juga berharap seluruh ASN Kab. Bandung Barat bisa turut "Lumpat" dengan senantiasa memberikan memberikan manfaat dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.

"Saya berharap seluruh ASN bisa Lumpat dengan meningkatkan kinerja dan pelayanan pada masyarakat" katanya.


.asbud