Ade Uu : Terimakasih Masyarakat Sudah Bayar Pajak

JabarCeNNa.com, Banjar - Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kota Banjar yang sudah ikut membanguan Kota Banjar dengan cara taat membayar pajak.

Wali Kota juga menyampaikan, pajak merupakan kewajiban yang harus dibayarkan setiap masyarakat untuk menyukseskan pembangunan. Tidak hanya pembangunan fisik seperti gedung, jalan, jembatan. 

"Pajak yang terkumpul dari masyarakat itu banyak disalurkan kembali untuk pendidikan, kesehatan, dan sebagainya", Ungkapnya 

Meurut Ade Uu, Dari hasil pajak, seluruh pembangunan di Kota Banjar akan berjalan lancar dan merata. Dirinya mengharap kepada masyarakat untuk bangga membayar pajak dan bangga menjadi warga yang taat pajak. 

"saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh masyarakat Kota Banjar yang sudah membayar pajak tepat waktu," Imbuhnya

Ade menjelaskan pajak banyak macamnya. Ada pajak yang menjadi pendapatan asli daerah dan ada juga retribusi pajak yang masuk ke kas negara melalui pemerintah provinsi atau pusat. Misal untuk pajak daerah adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak hotel, restoran, reklame, dan sebagainya yang dipungut oleh Organiasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Banjar. Sementara untuk pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari pajak daerah.

"Saya juga mengapresiasi kinerja OPD yang mengurusi keuangan daerah termasuk penanganan retrisbusi dan penarikan pajak terhadap wajib pajak. Saya mengapresisi BPPKAD yang sudah berhasil menangani keuangan dengan baik sehingga kita mampu meraih penghargaan WTP hingga 8 kali berturut-turut," katanya.

Ade berharap setiap tahun masyarakat yang belum taat bayar pajak semakin sadar akan pentingnya membayar pajak.

Sementara itu Kepala Bidang Pendapatan BPPKAD Kota Banjar Heri Sapari mengatakan realisasi pendapatan pajak daerah tahun 2018 sebesar 95,18 persen. Menurutnya tanpa dukungan masyarakat sadar akan pembayaran pajak, pihaknya akan kesulitan dalam menarik retribusi pajak.

"Kami juga dari bidang yang langsung menangani perpajakan daerah mengucapkan terimakasi kepada masyarakat. Realisasi pendapatan pajak daerah Kota Banjar tahun 2018 sebesar Rp125.454.618.137 dari target sebesar Rp 131.813.257.467. Mudah-mudahan tahun ini target bisa lebih meningkat dari tahun lalu," Jelasnya saat dihubungi, beberapa waktu lalu.


.Ao