30 ASN Kemenag Kota Bandung Perebutkan Kursi Petugas Haji

JabarCeNNa.com, Bandung - Sebanyak 30 orang ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bandung berkompetisi mengikuti Tes Seleksi Calon Petugas Haji untuk menyertai jemaah haji tahun 2019, Senin, 25 Februari 2019 Tes dilaksanakan di Gedung IPHI Antapani Kota Bandung.

Para peserta tes seleksi calon petugas haji mengikuti tiga jenis kategori pilihan yakni Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan PPIH Arab Saudi. 

Ketua Pelaksana kegiatan, H. Asep Supriyadi, M.Ag. mengatakan untuk tahun 2019 ini pelaksanaan seleksi calon petugas haji untuk TPHI, TPIHI dan PPIH Arab Saudi diikuti oleh 30 orang peserta, namun 1 orang tidak lolos seleksi administratif. Jadi secara keseluruhan yang mengikuti seleksi hanya 29 orang saja. Dari 29 orang peserta tersebut sebanyak 19 orang mengikuti tes TPHI, 4 orang tes TPIHI dan 6 orang peserta tes PPIH Arab Saudi,"tuturnya

Lanjutnya, seperti tahun 2018, pelaksanaan seleksi petugas haji 2019 menggunakan aplikasi Computer Aided Test (CAT), sehingga hasil tes tidak bisa dimanipulasi tetapi benar-benar sesuai dengan kemampuan dari para peserta itu sendiri. Selain itu, mulai tahun 2019 ini sesi tes wawancara dalam seleksi petugas haji ditiadakan,"ungkap asep

Sementara itu, Kepala Seksi PHU menyampaikan output dari pelaksanaan seleksi awal rekrutmen petugas haji ini adalah dihasilkannya petugas haji yang kompeten, profesional, bertanggung jawab, dan akuntabel.

Pihaknya mengungkapkan bahwa seleksi petugas haji salah satu kunci peningkatan kualitas pelayanan haji karena petugas haji memegang peranan penting dalam rangkaian pelayanan haji. 

Dengan adanya petugas haji yang profesional yang dihasilkan dari hasil seleksi petugas haji yang transparan dan akuntabel maka akan muncul petugas haji yang berkualitas.

.Anwar