Gebyar PAUD 2019 Kab. Kuningan Meriah

JabarCeNNa.com, Kuningan -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan melakukan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Kabupaten Kuningan, kegiatan yang di ikuti Bunda Paud dan siswa/siswi serta para Guru TK/PAUD sekabupaten Kuningan tersebut dilaksanakan di Mayang Convention Hall Kuningan, Kamis, 28 Maret 2019


Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Maman Hermansyah, M.Si., mengatakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahun itu, merupakan ajang silaturahmi bagi pengelola dan penyelenggara pendidikan anak usia dini.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan prosesi pengukuhan Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa Se-Kabupaten Kuningan.
Selain itu dilakukan penyerahan Anugerah Apresiasi PAUD kepada 32 tokoh masyarakat yang telah berjasa kepada pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Kuningan.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., dalam sambutannya, atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa Se-Kabupaten Kuningan yang telah dikukuhkan oleh Bunda PAUD Kabupaten Kuningan serta kepada penerima Anugerah PAUD Tahun 2019.

“Hal ini tentunya menjadi momentum yang sangat strategis dalam rangka mendorong peningkatan mutu dan layanan pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Kuningan,”kata Dian.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kuningan memiliki kewajiban untuk memberikan perhatian lebih terhadap penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, terlebih pada tanggal 8 September 2017 bersama dengan peringatan Hari Aksara Internasional di Kabupaten Kuningan telah mencanangkan wajib Pra SD yang artinya anak usia 5-6 tahun wajib dilayani pada jenjang PAUD formal (Taman Kanak-kanak).

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan optimalisasi peningkatan pelayanan dan peningkatan mutu terhadap jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.

“Hal ini terbukti dengan peningkatan DAK Non Fisik BOP PAUD yang Tahun 2016 hanya 8 Milyar, Tahun 2017 menjadi 13 Milyar, kemudian Tahun 2018 menjadi 15 Milyar, serta Tahun 2019 menjadi 18 Milyar ditambah dengan bantuan Provinsi sebesar 19 Milyar yang diperuntukan untuk pengadaan alat permainan edukasi semua lembaga PAUD di Kabupaten Kuningan,”paparnya.

Kemudian Tahun ini pula Kabupaten Kuningan mendapat Dana Non Fisik Pendidikan Kejar Paket Setara SD, SMP dan SMA sebesar 8 Milyar. Artinya masyarakat Kabupaten Kuningan yang tahun ini mengikuti pendidikan kejar paket A, B maupun C dipastikan tidak dipungut biaya.

Dikatakan Bunda Paud Kuningan Hj. Ika Rachmatika, "Saya sebagai Bunda Paud Kab. Kuningan yang memiliki fungsi sebagai pendamping dari suami saya yang notabenenya sebagai bupati, maka saya akan berupaya bersama-sama beliau untuk lebih fokus memberikan penangan terhadap keberadaan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Kuningan. Dan sebaliknya , Bunda Paud Kecamatan, Kelurahan dan Desa sebagai pendamping dari suami yang notabenenya Camat, Lurah maupun Kepala Desa harus lebih fokus tentang penangan pendidikan anak usia dini di lingkungan masing-masing."ucapnya


.iwn