Bawaslu dan Satpol PP Bersihkan Semua APK yang terpasang di Banjar

JabarCeNNa.com, Banjar -- Memasuki masa tenang dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjar dan Satpol PP Kota Banjar melaksanakan kegiatan membersihkan seluruh alat peraga kampanye (APK), baik milik Calon Legislatif maupun Calon Presiden di seluruh penjuru kota Banjar, Minggu (14 April 2019) pukul 00.01 WIB dini hari.

Kegiatan pembersihan APK tersebut diawali dengan Apel terlebih dahulu di Pendopo Kecamatan Langensari, Kota Banjar yang dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, Kepala Satpol PP Kota Banjar, dan Kapolres Kota Banjar yang diwakili oleh Kasat Reskrim serta diikuti oleh puluhan personel gabungan baik dari Bawaslu Kota Banjar, Satpol PP Kota Banjar, Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjar hingga Linmas. Kemudian dilanjutkan menyisir setiap sudut wilayah Kecamatan Langensari.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman mengatakan, memasuki masa tenang satu persatu alat peraga kampanye baik milik Caleg maupun Capres dicopot oleh petugas gabungan. Baliho dan bendera yang selama ini terpasang selama 8 bulan lamanya juga ikut dibersihkan.

"Petugas gabungan menyiris setiap pojok kota dan daerah strategis hingga ke pelosok kampung untuk membersihkan semua APK yang terpasang. Pembersihan APK ini sesuai dengan Pasal 492 No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," ujar Irfan.

Lebih lanjut, Irfan mengungkapkan bahwa selain APK, seluruh kegiatan kampanye pun sudah dihentikan hingga hari pencoblosan pada tangga 17 April mendatang. "Selain APK, seluruh Caleg dan Tim Sukses kedua pasangan calon Presiden pun kini sudah dilarang melakukan segala macam aktifitas kampanye, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan," imbuhnya.

Kegiatan pembersihan alat peraga kampanye tersebut dilaksanakan selama dua hari yang dimulai sejak pukul 00.01 WIB tanggal 14-15 April 2019. Pembersihan dimulai diwilayah Kecamatan Langensari kemudian esok paginya sekitar pukul 08.00 WIB dilanjutkan di ketiga kecamatan lainnya di Kota Banjar.


.Tema