Beberapa Puskesmas di Sukabumi Kaji Banding di Puskesmas Kadudampit

JabarCeNNa.com, Sukabumi -- Akreditasi Puskesmas merupakan sebuah bentuk penilaian untuk mendorong peningkatan kinerja puskesmas dan melaksanakan tugas pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Komisi Akreditasi. Di Kabupaten Sukabumi, Puskesmas Kadudampit merupakan salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang sudah terakreditasi UTAMA dan kini Puskesmas Kadudampit menjadi tempat Kaji Banding dari setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Sesuai data tercatat, beberapa Puskesmas di Sukabumi yang telah melaksanakan kaji banding di Puskesmas Kadudampit diantaranya, Puskesmas Cijangkar, Puskesmas Limbangan, Puskesmas Kebonpedes, Puskesmas Parakansalak, Puskesmas Selajambe, Puskesmas Sukalarang dan Puskesmas Waluran. 

Mereka melakukan kunjungan khusus untuk mempelajari lebih jauh pembinaan peningkatan mutu dan kinerja fasilitas kesehatan berbasis keselamatan pasien yang ada di Puskesmas Kadudampit. Pembinaan ini berdasarkan PMK No 46 Tahun 2015 yang sudah diatur oleh Kementerian Kesehatan RI.

Pada dasarnya, kegiatan kaji banding merupakan sebuah kesempatan belajar dan mencari informasi terkait pengelolaan dan pelaksanaan Puskesmas dari kedua belah pihak. Kegiatan kaji banding lebih banyak diwarnai dengan diskusi dan tanya jawab terkait persiapan akreditasi puskesmas di suatu wilayah. Momen ini menjadi kesempatan bagi para kelompok kerja untuk melakukan kajian terhadap poin-poin akreditasi secara lebih detil.

“Dalam melakukan kegiatan kaji banding, saya harap peserta selalu mengingat konsep ‘ATM’ yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Sehingga, peserta tidak pulang dengan tangan kosong, tetapi sudah mendapat informasi dan ilmu baru yang dapat diterapkan di puskesmasnya dalam pelaksanaan persiapan kegiatan akreditasi,” "ucap Kapus Kadudampit Yudi Mulyadi saat ditemui jabarcenna.com Senin, (24/6/2019).

Ditempat yang sama dikatakan Kepala Puskes Waluran pihaknya mengungkapkan, “Penerimaan dari Puskesmas Kadudampit sangat baik, banyak ilmu baru yang kami dapatkan selama kaji banding terutama untuk persiapan akreditasi kami “ungkapnya

Ragam temuan yang didapat dari hasil kaji banding, menjadi pembelajaran luar biasa bagi para peserta. Para pegawai puskesmas tidak terbatas usia masih dengan sangat semangat untuk belajar mengenai manajemen puskesmas. Seluruh peserta kaji banding sangat antusias dalam menjalankan kegiatan kaji banding.

"Kami harap kedepannya, kerja sama tidak hanya terjalin untuk urusan akreditasi. Kita tetap berkolaborasi sebagai upaya untuk memperkuat pelayanan di masing-masing wilayah kerja, pembenahan sistem, dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan,” ungkap Dani Nugraha Katupus Kadudampit, menambahkan.


.Erik S/Sri Nenkli