Camat Cicantayan Inspeksi Irigasi Lembursawah

JabarCeNNa.com, Sukabumi -- Daerah irigasi Desa Lembursawah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi mengairi lebih dari 25 Ha areal pertanian di 3 desa. Camat Sendi Apriadi melalukan kegiatan inspek ini sebagai bagian dari perencanaan, pengumpulan data, pekerjaan pemetaan (skema irigasi), inventarisasi jaringan irigasi (penelusuran jaringan) pengukuran saluran dan bangunan.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari solusi menjaga dan mengamankan jaringan irigasi Lembur Sawah agar selalu dapat berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertahankan kelestariannya terutama di musim kemarau
Dengan didampingi oleh perwakilan Dinas PU, 3 Kades. Para pengurus Mitra Cai dan masyarakat pengguna, serta melibatkan Satuan Karya Pramuka Peduli, penelusuran dimulai dari Leuwi Ciereng sampai ke Kampung Genteng, Jumat (12/7)

Sendi menuturkan," mengingat pembangunan hakekatnya adalah untuk masyarakat, maka sudah seharusnya peran serta masyarakat dalam bidang pengairan ditingkatkan, diantaranya adalah pemeliharaan jaringan irigasi, pengelolaan air, pembersihan sampah dan rencana pengerukan lumpur serta himbauan untuk tidak membuang sampah sungai/selokan".

Selagi masyarakat mampu melaksanakan dasar pelaksanaannya hendaknya dilakukan oleh masyarakat sendiri dengan bimbingan pemerintah. Nah baru sisanya jika masyarakat sudah tak mampu melaksanakan maka ditangani oleh pemerintah.


.Sri Nenkli/Erik S