Kuningan Terima 680 Penerima Dana Rutilahu

JabarCeNNa.com, Kuningan - Sebanyak 680 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang berada di desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kuningan kini di tahun 2019 tengah mendapatkan bantuan program stimulan perumahan swadaya sebesar Rp.17,5 juta per penerima bantuan.

Bantuan tersebut berasal dari Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan guna di alokasikan untuk membantu masyarakat kabupaten kuningan dalam program BSPS.

Kepala Dinas Permukiman Perumahan dan Pertanahan (DPRPP) Kabupaten Kuningan, H.M Ridwan Setiawan, SH., MH., Msi., mengatakan dari jumlah rumah tidak layak huni yang kini sedang direhabilitasi, itu 300 rumah diantaranya berada di wilayah Kecamatan Kalimanggis.

“Kini program BSPS di Kabupaten sedang dilaksanakan, Alhamdulillah hasilnya menggembirakan. Tadi saya mendampingi Pak Jhony, Direktur Rumah Swadaya meninjau pelaksanaan BSPS di Desa Kalimanggis,” ujar Ridwan Setiawan, sembari menyebutkan ada 83 rumah tidak layak huni di desa itu yang direhabilitasi melalui program tersebut.

Menurutnya, sejak digulirkannya program BSPS oleh Pemerintah RI lima tahun yang lalu di Kabupaten Kuningan sudah mencapai lebih dari 7000 rumah tidak layak huni yang direhab dengan anggaran APBD kabupaten, propinsi dan APBN.

Pemerintah Kabupaten Kuningan, imbuhnya, akan tetap berkomitmen untuk mewujudkan rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Hal itu diharapkan mendapat dukungan semua pihak untuk membantu warga kurang mampu agar memiliki rumah layak huni.

Sementara, Direktur Rumah Swadaya Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR RI, Jhoni Fajar Sofyan Subrata, menilai pelaksanaan program BSPS di Kabupaten Kuningan sangat baik, karena peran pemerintah daerah dalam hal ini DPRPP Kabupaten Kuningan serius dalam melaksanakan program.

“Kami melihat peran Pemerintah Kabupaten Kuningan sangat mendukung dalam pelaksanaan program ini. Ada beberapa daerah yang kurang mendukung, kami kurangi bahkan tidak diberikan,’ kata Jhoni.

.iwn