Ratusan Siswa Ikut Kompetisi Sains Madrasah

JabarCeNNa.com, Kuningan -- Sebanyak 491 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-kabupaten Kuningan mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) di MAN 1 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Sabtu, 20 Juli 2019.

Kompetisi tersebut digelar untuk memilih siswa berprestasi untuk ikut dalam lomba tingkat Jawa Barat, di Kabupaten Cianjur pada 15 Agustus 2019 mendatang.

"Hari ini kita masih dalam tahap pelaksanaan Kompetisi belum ada hasil siapa yang nanti akan ikut maju ketingkat Jawa Barat, tapi hasilnya hari ini juga kita umumkan, setelah kita menerima kunci jawaban dari Jakarta yang dikirimkan langsung ke sini dan pihak kita langsung mengkoreksi jawaban dari para siswa yang ikut Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tersebut." Ujar Kepala Seksi Madrasah Kemenag Kuningan Drs. H. Rokhidin, M.Ag.

Tiap madrasah mengirimkan dua siswanya untuk mengikuti lomba yang berlangsung selama sehari ini. "pelaksanaan kompetisi ini tanpa ada rekayasa ini murni langsung karena waktunya hanya sehari dan dalam waktu satu hari ini langsung ada jawaban siapa yang lolos atau pemenang dalam setiap kompetisi yang dilombakan tersebut yang nantinya ikut dalam kompetisi tingkat Jawa Barat." ujarnya

Lebih jauh Rokhidin mengatakan, untuk cabang lomba di tingkat MI ada dua yakni Matematika Integrasi PAI dan IPA Integrasi PAI. "Sedangkan cabang lomba di MTs dengan cabang lomba Matematika, IPA Terpadu dan IPS Terintegrasi. Untuk cabang lomba MA yaitu Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Geografi, dan Ekonomi" ucapnya.

Sejauh ini Kabupaten Kuningan menjadi juara bertahan selama tiga kali berturut-turut yang mana juara pada tahun lalu di menangkan oleh Khusnul Khotimah. Mudah-mudahan kedepan Kabupaten Kuningan mencetak prestasi siswa yang unggul dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis Sains Madrasah dan sehingga dalam pelaksanaan penjaringan yang sekarang bisa unggul di tingkat Provinsi dan tingkat Nasional mendatang."ucap Rokhidin


.Iwn