Gowes Kemerdekaan Bareng Wakasad Diikuti 600 Peserta se-Indonesia

JabarCeNNa.com, Kuningan -- Ratusan pehobi olahraga sepeda dari berbagai kalangan, suku, dan etnis termasuk TNI-Polri mengikuti Gowes Kemerdekaan pada Hari Minggu, 25 Agustus 2019.

Gowes kemerdekaan tahun ini yang diselenggarakan oleh PT. Pindad mengambil rute sepajang 100 kilometer dari Tasikmalaya sampai Pangandaran. 

Pemberangkatan peserta dimulai dari Makodim 0612/Tasikmalaya dengan dibagi dua grup yakni pemberangkatan pertama pukul 05.30 WIB dan grup kedua 10 menit kemudian.

Gowes Kemerdekaan yang digelar pada tahun kedua ini, start di Kodim 0612/Tasikmalaya, Jalan Oto Iskandar Dinata Kota Tasikmalaya. Kemudian rombongan akan melewati beberapa check point, pertama berada di Kantor BPPKAD Kota Banjar, kedua di SMP Negeri 1 Kalipucang dan finish di RM. Karya Bahari 3 Fresh Sea Food, Pantai Timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman mengatakan, gelaran Gowes Kemerdekaan ini bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Ada sebanyak kurang lebih 600 peserta ikut andil dalam kegiatan ini.

"Gowes Kemerdekaan ini menempuh jarak kurang lebih 100 kilometer. Dengan mengambil start di Kota Tasikmalaya dan finish di Pantai Pangandaran," ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letjen TNI Tatang Sulaiman, saat ditemui di Pantai Timur Pangandaran, Minggu 25 Agustus 2019, siang.

"Ini pengalaman gowes kemerdekaan yang luar biasa. Kita berangkat dari Tasik sekitar pukul 05.30 WIB sampai disini sekitar pukul 10.10 WIB," lanjutnya.

Wakasad menuturkan, direncanakan pukul 11.00 WIB sampai di Pangandaran, tetapi ternyata jam 10 lewat 10 sudah sampai. "Banyak hal yang mendukung sehingga dijalan lancar, seperti kondisi jalan bagus, keamanan lalu lintas cukup aman. Sehingga kesimpulannya gowes kemerdekaan semua peserta menikmatinya," tuturnya.

Selain itu, Gowes Kemerdekaan ini juga dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun ke 74 Republik Indonesia. Dan dalam rangka mengajak untuk menyehatkan masyarakat dengan olahraga bersepeda.

Selain Wakasad, turut ikut berpartisipasi menyehatkan badan dengan berolahraga sepeda, Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose beserta jajarannya, Rombongan Mabes TNI AD, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Tri Suwandono beserta jajaran di Kodam III/Siliwangi, dan tentunya pimpinan wilayah teritorial Ciamis, Banjar, dan Pangandaran yaitu Kodim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., dan para komunitas sepeda.

.Tema