KKM 2 Kuningan Gelar Kepramukaan, Latih Siswa Tanpa Ketergantungan Orang Tua

Sejumlah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) 2 Kuningan menggelar kegiatan kepramukaan, bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana, belum lama ini.
JabarCeNNa.com, Kuningan - Sebanyak kurang lebih 400 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) 2 Kuningan menggelar kegiatan kepramukaan selama tiga hari, bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana, belum lama ini.

Peserta kepramukaan yang tergabung dalam KKM 2 Kuningan itu terdiri dari MI Kecamatan Kuningan, Kadugede, Darma, Cigugur, Jalaksana dan MI di wilayah Kramatmulya. 

Siswa yang mengikuti kemping di Buper Sadamantra itu merupakan perwakilan masing sekolah dari kecamatan tersebut. Mereka yang dikirim untuk mengikuti kemping adalah kelas V dan kelas VI, yang lainnya belajar di sekolah masing-masing, sama untuk diajarkan nilai-nilai kepramukaan upaya membentuk karakter bagi para siswa secara keseluruhan.

Ketua KKM 2 Kuningan, Sukanda, menjelaskan, selama para siswa/perserta pramuka berada di bumi perkemahan dibekali berbagai ilmu dan keterampilan sesuai dengan tingkatan wawasan mereka. 

Misalnya, mempelajari ilmu kepramukaan secara umum, kegiatan olahraga, kegiatan keagamaan, pertunjukan dan kreasi seni siswa bernuasa Islami. Melalui kegiatan tersebut, mereka akan lebih mudah untuk diamalkan atau dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk penterapan disiplin bagi para siswa selama kegiatan berlangsung di lapangan.

“Kegiatan kepramukaan selama tiga hari ini, banyak memberikan manfaat bagi siswa itu sendiri. Antara lain, melatih siswa tidak selalu ketergantuan pada orang tua yang selama ini minta dilayaninya dengan manja,” kata Sukanda.

Selain melatih siswa untuk belajar mandiri, lanjut Sukanda, juga menjalin tali silaturahmi dengan sesama anggota pramuka dari sekolah lainya. Mereka akan saling mengenal satu sama lain sehingga akan mencul keakraban diantara siswa dari masing-masing kecamatan yang meliputi KKM 2 Kuningan. Termasuk mengenali warga dan lingkungan sekitarnya melalui kegiatan santunan bagi anggota keluarga yang ada di seputar Bumi Perkemahan Sadamantra. 

Kegiatan dimaksud, merupakan pembelajaran bagi seluruh peserta pramuka sehingga mereka akan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama yang memerlukan uluran tangan.

“Mudah-mudahan atas kegiatan tersebut, dapat menumbahkan semangat bagi para siswa, baik yang berkaiatan dengan disiplin, belajar hidup mandiri maupun menjalin tali silaturhami untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. 


.Tim JC