UKW Tahap 2 PWI Kuningan Sukses Digelar

Peserta UKW melakukan photo bersama usai pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di Ala Wisma Permata Kuningan, Kamis (34/10/2019)
JabarCeNNa.com, Kuningan - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuningan, melalui dukungan Pemerintah Kabupaten Kuningan khususnya Bidang Humas Pemkab Kuningan, sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahap 2 tahun 2019. 

"Terima kasih kepada Pemkab Kuningan khususnya bidang Humas dalam kerjasamanya, tanpa adanya kerjasama dengan pihak Pemkab Kuningan kegiatan UKW ke 2 ini tidak mungkin akan terlaksana karena dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Ini tidak sedikit membutuhkan anggaran yang cukup lumayan besar, "kata Ketua PWI Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP yang juga ketua pelaksana UKW saat memberikan sambutan penutupan UKW di Aula Wisma Permata Kuningan, Kamis (24/10/2019). 

"Semoga hal seperti ini bisa terus berlangsung di tahun berikutnya,"ucapnya 

Iyan, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan acara tersebut. 

"Kepada Dirut UKW pusat, Ketua PWI Jawa Barat, dan para penguji yang telah menguji para peserta UKW sekarang, saya ucapkan terima kasih karena kegiatan UKW sekarang bisa berjalan dengan lancar. Meski hasil kegiatan UKW ini dikatakan tadi oleh tim penguji masih ada peserta yang dinyatakan belum kompeten, namun secara keseluruhan tak ada kendala berarti,"ungkap Iyan 

Menurut Iyan, ini adalah sejarah bagi PWI Kuningan. Karena sudah dua kali bisa menyelenggarakan UKW gratis, namun yang gratis bagi wartawan kuningan, untuk wartawan diluar kuningan seperti Kabupaten Bandung Barat, Cirebon dan Subang itu dikenakan biaya.

UKW kali ini jenjang Muda/Madya.  Ini terselenggara berkat kerjasama dengan pihak Humas Pemkab Kuningan,ungkapnya

Sementara itu, Bupati Kuningan yang melalui pihak Humas Pemda Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M. Si., diwakili Kasubag Publikasi dan Dokumentasi, Acep Tisna, mengatakan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan ini di tahun-tahun berikutnya. 

"Mudah-mudahan di tahun berikutnya Pemkab Kuningan bisa terus bekerjasama dan terus mendukung dalam pelaksanaan UKW ini, karena ini sebagai peran serta pemerintah dalam bekerjasama dengan pihak PWI Kuningan. Sehingga kegiatan UKW bisa terus di selenggarakan di tahun-tahun berikutnya,"kata Acep 

Acep berjanji Humas Pemda Kuningan, akan terus mendukung kegiatan ini di tahun-tahun berikutnya. 

"Insya Allah Pemkab Kuningan melalui bidang kehumasan tetap mendukung kegiatan ini, minimal untuk tahun-tahun berikutnya" jelasnya. 

Salah seorang perwakilan peserta, Agus Salam, mengaku gembira bisa mengikuti acara ini. Meski sempat grogi di awal-awal mengikuti UKW, tetapi akhirnya semua berjalan dengan lancar. 

"Terima kasih kepada PWI Kuningan dan Pemkab Kuningan yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Sebelumnya saya sudah ikut namun gagal (belum kompeten). Tapi untuk sekarang Insyaallah lolos uji kompetensi, "ujar lelaki yang akrab disapa Gusbur ini 

Dalam UKW yang diselenggarakan selama dua hari, Rabu dan Kamis (23-24/10) tersebut, dikatakan Wawan Djuwarna selaku ketua tim penguji mengatakan, "dari 29 yang mendaftar, satu peserta tidak melanjutkan UKW karena dinyatakan sakit. Dari 28 yang mengikuti, para penguji memutuskan ada 3 peserta yang dianggap belum berkompeten,"terangnya 

Dirut UKW Pusat, Prof. Dr. Rajab Sitonga mengatakan, selama UKW yang dilaksanakan selama dua hari ini yang bekerja sama dengan PWI Jawa Barat, PWI Kuningan dan Humas Pemda Kuningan alhamdulillah berjalan lancar. 

"Saya mengapresiasi penuh atas berjalannya kegiatan UKW ini, meski tadi dikatakan masih ada 3 peserta yang di anggap belum kompeten tapi bagi peserta yang masih belum kompeten masih bisa ikut UKW di tahun berikutnya dan rencananya 6 bulan kedepan akan ada UKW di Cirebon diharapkan bagi yang belum kompeten untuk bisa ikut kembali di tahun yang akan datang,"ucap Rajab


.Iwan