Covid-19, Aliansi Komunitas Sosial Berikan Kadeudeuh Atas Peduli Kinerja Wartawan

Ketua PWI Kuningan didampingi Sekertaris saat menerima bingkisan kadeudeuh dari Aliansi Komunitas Sosial
JABARCENNA.COM | KUNINGAN - Ujian yang tengah dihadapi bangsa Indonesia saat ini sungguh luar biasa. wabah virus corona Covid-19 kini mencapai tingkat pandemi.

Menyikapi hal tersebut, Aliansi Komunitas Sosial sangat peduli terhadap kinerja wartawan. Dimana para wartawan baik media cetak, elektronik maupun media online kini tengah dihadapkan dengan kondisi mewabahnya Coronavirus atau Covid-19.

Kawan–kawan jurnalis khususnya wilayah Kabupaten Kuningan yang ada di depan tetap terus meliput guna memberikan informasi apa yang sedang berkembang di masyarakat. Namun, apa yang dilakukan oleh para jurnalis/wartawan tidak menutup kemungkinan atau sangat rentan beresiko tertular wabah virus corona yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

Tidak hanya itu dampak dari pandemi corona ini berefek kepada pendapatan perusahaan media massa.

Melihat dampak hal tersebut, Aliansi Komunitas Sosial Kabupaten Kuningan tersentuh untuk memberikan kadeudeuh.

Dikatakan Pengurus Aliansi Komunitas Sosial, Iman Firmansyah, pihaknya mengatakan, Kami hanya sebatas ingin berbagi dengan kawan-kawan wartawan di tengah perjuangan mencari dan menginformasikan pemberitaan melalui media massanya masing-masing yang sangat dibutuhkan masyarakat. Padahal semuanya juga tahu, kondisi sekarang ini tengah mewabah Covid-19. Ucap Iman, Sabtu (11/4/2020).

"Untuk itu, kadeudeuh berupa 68 paket sembako yang diserahkan melalui organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini jangan dilihat dari nilainya tetapi kepedulian sekaligus apresiasi terhadap kinerja para pemburu berita yang patut diacungkan jempol,” ujarnya

Ia berharap agar para jurnalis Kabupaten Kuningan terus tetap bersemangat dalam menjalankan tugas mulia dengan menyajikan informasi pemberitaan yang akurat, berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena mengacu pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Undang-Undang Pers Nomor : 40 tahun 1999. 

“Kami doakan, semoga kawan-kawan jurnalis selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas mulianya,” ungkap Iman yang juga menjabat Bendahara Yayasan Cradenta Mubarok tersebut.

Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP., didampingi Sekretaris Nunung Khazanah, S.IP., sangat mengapresiasi kepedulian dari Aliansi Komunitas Sosial yang bisa menjadi contoh bagi berbagai pihak karena tanpa diminta, justru berinisiatif memberikan kadeudeuh sembako.

Sebelumnya pun, hal yang sama dilakukan Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Kuningan yang dinakodai Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kuningan, H. Dian Rachmat Yanuar. Organisasi tersebut memberikan bantuan APD berupa 130 masker dan 5 liter handsanitizer.

“Alhamdulillah, DPK Korpri dan Aliansi Komunitas Sosial telah menunjukan kepedulian terhadap kinerja wartawan di tengah mewabahnya Covid-19 sehingga tanpa dipinta pun, dua organisasi tersebut malah memberikan bantuan dan kadeudeuh yang telah disalurkan kepada teman-teman jurnalis,” tuturnya.


(Dedi J / Iwan)

Ujian yang tengah dihadapi bangsa Indonesia saat ini sungguh luar biasa. wabah virus corona Covid-19 kini mencapai tingkat pandemi.