Kota Banjar Lakukan Tes Swab Masif, 200 Pedagang Pasar di Tes

JABARCENNA.COM | BANJAR - Setelah beberapa waktu lalu dilakukan rapid tes secara acak, kini giliran tes swab masif dilakukan di pasar Kota Banjar dengan prioritas para pedagang.

Hal itu untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Banjar yang selalu mengundang banyak kerumunan masyarakat. Rabu (17/6/2020)

"Alhamdulillah Kita sekarang lakukan tes swab di pasar Banjar untuk mendeteksi apakah masih ada yang terpapar atau tidak." Kata Dr Agus Budiman selaku Tim gugus tugas

Alat swab yang rinciannya disediakan sebanyak 831 dengan rincian pedagang pasar, tenaga kesehatan, tokoh agama, tempat kerumunan, pelaku perjalanan, pasien PDP, dan yang daftar di pikobar.

"Untuk pedagang pasar disini kota alokasikan sebanyak 200 orang yang akan mengikuti tes swab masif ini". Tambahnya

Setelah selesai hasil swab akan dikirim ke labkes Bandung, dan kemungkinan harus menunggu satu minggu untuk mengetahui positif atau tidaknya.

"Karena untuk tingkat kota belum ada labkes, maka Kita akan serahkan hasilnya ke labkes provinsi di Bandung". Ujarnya

Maryati salah satu pedagang yang mengikuti tes swab masif mengatakan, bahwa dirinya merasa tegang saat akan mengikuti tes tersebut.

"Bagus juga sih di adakan swab, supaya kita tau apakah terpapar atau tidak, meskipun saya sempat tegang saat akan di ambil sample lendir tenggorokan melalui hidung" Kata Maryati.

Selain itu, Wali Kota Banjar HJ. Ade Uu Sukaesih mengungkapkan, bahwa akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait jika hasil nya ada yang positif dan akan melakukan tracking dengan siapa saja yang sudah kontak erat.

"Kita lakukan penjemuptan dan tracking jika hasilnya ada yang terkonfirmasi positif, sementara terkait penutupan pasar akan berkoordinasi dengan pihak terkait". Pungkasnya

Wali Kota Banjar berharap semua yang mengikuti tes swab masif ini hasilnya negatif dan sehat, tetapi tetap disiplin dengan protokol kesehatan saat berjualan atau beraktifitas diluar rumah.

.Tema