Wisuda (Haflah) Angkatan Ke-28 Ponpes Kusnul Khotimah Dilakukan secara Virtual

JABARCENNA.COM | KUNINGAN - Pondok Pesantren Husnul Khotimah gelar Wisuda (Haflah) secara virtual.

Hal tersebut dilakukan karena melihat situasi Pandemi Covid-19 dan guna menghindari kerumunan massa.

Wisuda virtual yang dilaksanakan pada  Minggu (28/06/2020). Disiarkan melalui Channel Youtube HKTV Husnul Khotimah, Facebook dan Instagram Husnul Khotimah, dengan di ikuti peserta yang berjumlah 553 santri melalui aplikasi Zoom.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., M.H. dan Orasi Ilmiah dari seorang Dai dan Ahli Tafsir Al Qur’an yang juga aktif sebagai Juri di Acara Hafidz Indonesia, Dr. Amir Faishol Fath MA.

Sementara itu, KH. Mulyadin, LC menyampaikan, ditengah pandemi saat ini, Ia bersyukur, jumlah santri yang mampu menyelesaikan Hafalan 30 Juz meningkat dari tahun sebelumnya. “Kalau tahun kemarin berjumlah 71 Santri, tahun ini meningkat menjadi 96 santri,” sebut Mulyadin.

Tasyakur Binikmah apa yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Husnul Khotimah telah memberikan kontribusi sejalan dengan Visi Kabupaten yaitu terwujudnya Kabupaten Kuningan yang Agamis. Dengan Visi Kuningan MAJU ( Makmur, Agamis dan Pinunjul).

“Saya merasa terharu dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan siswa-siswi santri ini dengan kemampuan menghafal Al-Quran. Wisuda ini sebagai bentuk penghormatan atas capaian yang anak-anak lakukan,” ungkap Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH,.

Senada dengan Ustadz Mulyadin, KH. Mu’tamad, Lc Al Hafidz mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan buat para santri atas capaian tahun ini.

“Alhamdulillah atas izin dan karunia Allah SWT, tahun ini adalah tahun terbaik HK dalam bidang Hapalan Al Quran, sebanyak 96 santri bisa menyelesaikan tasmi´ 30 juz, dan yang luar biasa diantaranya ada 6 santri yang mampu mentasmi´kan hapalannya 30 juz sekali duduk dalam waktu sekitar 11 jam” ungkapnya.

Enam santri tersebut adalah Muhamad Fathi Mubarok (Kuningan ), Taqiyyudin Akrom (Palembang), Muhammad Ammar Al Amudi (Lampung ), Mushtofa Zuhad (Bontang), Fuad Azzam Jundana Harahap (Bandung) dan Muhammad Alif Raihan (Jombang). Ustadz Syafii, Lc Kanit TTQ Husnul Khotimah menambahkan, dari 6 orang santri tersebut, ada satu orang yang dapat hapal 30 juz dengan nomor ayat, letaknya, dan halamannya. Namanya M. Fathi Mubarok.

“Jadi Fathi terinspirasi Ustadz Adi Hidayat ketika ceramah dengan fasih bisa hafal letak dan nomor ayat Al Qur’an sehingga sejak itu Fathi bertekad untuk bisa menghafal surat dan nomor ayat,” terang Syafii. Semuanya berdoa semoga dengan diwisudanya 96 santri akan membawa keberkahan di pondok pesantren, juga di Kuningan dan Indonesia.

Diharapkan pula, para hafidz ini kelak akan memberikan mahkota cahaya kepada orang tua dan keluarganya sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Muadz Al-Juhani, RA. “Barangsiapa yang menghafal Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya mahkota pada hari kiamat,” bunyi hadits yang diucapkan Mu’tamad.

.Iwan

KUNINGAN - Pondok Pesantren Husnul Khotimah gelar Wisuda (Haflah) secara virtual.