Utamakan Protokol Kesehatan, DKPPP Kota Banjar Cek Kesehatan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha

JABARCENNA.COM | BANJAR - Jelang Hari Raya Iduh Adha, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar melakukan pengecekan Protokol Kesehatan di lokasi kandang Sapi yang beralamat di Jalan Sasak Gantung, lingkungan Banjar Kolot. Selasa (21/7-2020)

Menurut Drh, Lela Nurlela selaku Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Peteriner, pengecekan protokol kesehatan terhadap hewan Qurban merupakan bentuk kewaspadaan di tengah Pandemi Covid-19.

Kasi Keswan Drh Lela Nurlela
Meskipun di tengah pandemi, Hari Raya Idul Adha harus tetap dilaksanakan dengan Khidmat dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang sudah di tentukan.

"Idul Adha tahun sekarang memang sangat berbeda dengan tahun lalu, tahun sekarang kita harus melakukan Protokol Kesehatan karena berada di dalam bencana global". Katanya

Selain menerapkan protokol kesehatan kepada petugas yang akan menyembelih hewan, ini juga harus di terapkan kepada hewan yang akan di sembelih.

"Ada dua pemeriksaan diantaranya Post Mortem dan Antemortem". Ujarnya

Selain melakukan pengecakan protokol kesehatan, Drh. Lela Nurlela juga akan memberikan label kepada sapi yang sudah di cek kesehatannya.

"Nantinya jika hewan sudah melewati rangkaian pengecekan, akan diberi label sehat". Tambahnya

Sedangkan menurut H. Jajang pemilik kandang sapi tersebut mengatakan ada penurunan kurang lebih 30% dalam penjualan di tahun sekarang.

Hal itu di sebabkan oleh situasi sekarang di tengah Pandemi yang mengakibatkan Perekonomian masyarakat menurun.

"Tahun lalu menjelang Hari Raya Idul Adha bisa mencapai 300 ekor namun sekarang hanya 200 ekor sapi saja yang terjual", ujarnya

Dengan kisaran harga mulai dari 15-30 juta, Sapi dari kandang milik H. Jajang sudah siap untuk di sembelih di Hari Raya Idul Adha nanti.

Lebih lanjut H. Jajang mengatakan, sapi yang berada di kandangnya di dominasi kiriman dari Madura dan Probolinggo.

Himbauan untuk masyarakat, agar tidak mendatangi tempat pemotongan hewan Qurban jika tidak berkepentingan untuk mengurangi kerumunan, nantinya akan diberikan kupon untuk masyarakat dan daging hasil pemotongan akan dibagikan dengan diantar langsung oleh petugas atau panitia Qurban. Jelasnya


.Tema

BANJAR - Jelang Hari Raya Iduh Adha, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar melakukan pengecekan Protokol Kesehatan di lokasi kandang Sapi yang beralamat di Jalan Sasak Gantung, lingkungan Banjar Kolot. Selasa (21/7-2020)