STAI Syamsul Ulum Mengadakan Acara Diklat Persiapan KKN


JABARCENNA.COM | SUKABUMI - STAI Syamsul Ulum berikan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa yang akan mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dr.H.Uk. Anwarudin, SAG.MSI Selaku ketua umum ICMI yang juga menjabat Wakil ketua MUI Kabupaten sukabumi mengatakan, Diklat (Pendidikan dan pelatihan) ini adalah suatu acara yang sengaja diprogramkan oleh STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Syamsul Ulum.

Gunanya untuk mengarahkan, membimbing dan dan membekali para calon peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) STAI Syamsul Ulum untuk diterjunkan mengikuti Prongram KKN dikecamatan Jampang Tengah dan Kecamatan Purabaya. Ucap Anwarudin, Minggu (23/8)

Acara Diklat tersebut dilaksanakan di aula pendopo dengan jumlah peserta sebanyak 400 orang. Tetapi karena situasi Covid-19 maka kita sesuaikan dengan Aula sendiri yang hanya cukup untuk 100 peserta maka digelar dengan jumlah segitu.

Bagi yang lainnya mungkin bisa dengan baca buku yang sudah di siapkan nanti sehingga kami juga menyesuaikan aula ini hanya Cukup 100 orang,yang lain nanti barangkali baca dibuku yang sudah kami sampaikan pada mereka sehingga insyaallah dengan 100 orang ini kami yakin para mahasiswa memiliki kesiapan untuk melaksanakan prongram Tridarma perguruan tinggi khususnya pengabdian kepada masyarakat. Ucapnya

Lanjutnya, untuk programnya itu menitik beratkan kepada jurusan mahasiswa itu sendiri yang ada di STAI Samsul Ulum,yang pertama ada jurusan (PAI) Pendidikan Agama Islam, mereka akan melakukan sosial Enjinering bangaimana meningkatkan partisipasi masyarakat dalam dunia Pendidikan islam ditingkat Desa khususnya masyarakat yang ada dikecamatan jampang tengah dan purabaya.

Kemudian yang kedua adalah Prodi HKI(Hukum Agama Islam) saya lihat ini penting,karena masyarakat yang hari ini memasuki era milenial itu juga sangat rentan terhadap hal- hal yang terkait dengan stabilitas keluarga.

Kemudian yang ketiga adalah Program Managemen Pendidikan Islam, jadi Program ini pola fikir yang baru di STAI Samsul Ulum 

"Alhamdulillah hari ini sudah ada PHN dan ini akan mengarah kepada bangaimana mendorong masyarakat, lembaga-lembaga Pendidikan ditengah-tengah masyarakat untuk bisa menciptakan managemen Pendidikan yang baik dan propesional" kata Anwarudin

Nah dorongan-dorongan itu sehingga nanti akan mengangkat lembaga-lembaga itu sendiri seperti Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah, Majelis Ta'lim dan lain-lain. Harapanya tentu saja Mahasiswa bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya dan resapilah, pahamilah apa yang disampaikan, materi-materi yang sudah disiapkan oleh panitia dari beberapa pimpinan senior yang setiap tahun menyampaikan materi kepada mahasiswa. Pungkasnya


.Suhendi/Dasep Suparman