Wakil Menteri Agama RI Resmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Darma dan KUA Garawangi


JABARCENNA.COM | KUNINGAN --Wakil Menteri Agama RI (Wamenag RI) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Kuningan, Sabtu (29/8). Adanya kunjungan kerja tersebut dalam rangka meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Garawangi dan Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.

Bertempat di KUA Kecamatan Darma, Wakil Menteri Agama RI, H.Zainut Tauhid Sa'adi, didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat H. Adib M.Ag, usai melaksanakan ibadah salat magrib meresmikan sekaligus menandatangani peresmian 2 KUA di Kabupaten Kuningan yaitu KUA Kecamatan Darma dan KUA Kecamatan Garawangi.

Hadir pada peresmian tersebut, Bupati Kuningan, H.Acep Purnama dan Direktur Bina KUA, dan Keluarga Sakinah Kemenag RI, H.Muharam Marzuki, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuningan, DR.Hanif Hanafi, M.SI Nip, serta Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan, Kepala Kantor KUA Kecamatan Garawangi, Pembina KUA, Kapolsek dan jajarannya.

Dalam kesempatan kali ini Bupati Kuningan mengucapkan selamat datang pada Wakil Menteri beserta rombongan dalam kunjungannya di Kabupaten Kuningan. Kunjungan ini bertujuan agar dapat bertambahnya pelayanan fasilitas masyarakat yaitu manasik haji di Kantor Urusan Agama Kecamatan Garawangi dan Kecamatan Darma.

Sebuah prestasi bagi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuningan. Karena pada program 2020 ini, menjadi yang pertama yang dapat selesai tepat waktu. Menunjukan bahwa pekerjaan projek nasional ini dilaksanakan sebaiknya dengan tepat sasaran. 

Ini juga merupakan kado dari Kementrian Agama untuk HUT Kabupaten Kuningan yang Ke-522 Tahun.

H. Adib M.Ag Kakanwil Kemenag provJabar dalam kesempatannya mengatakan bahwa sudah 5 KUA yang didirikan menggunakan dana SBSN di Kuningan.

Di Kabupaten Kuningan dari 32 kecamatan baru kurang lebih 5-10 dalam tahap renovasi, namun hasil koordinasi yang baik antara pemerintah agama dan kabupaten mendukung program ini untuk tetap dapat berjalan dengan lancar. Sesuai dengan visi Kabupaten Kuningan maju yang salah satunya yaitu agamis. Serta adapun beberapa inovasi untuk KUA yang masih perlu dikembangkan yaitu, SIMKAH yaitu sistem informasi manjemen menikah yang bisa di akses melalui simkah.kemenag.go.id, peningkatan-peningkatan prasarana, melakukan peningkatan sumber daya manusia agar para penegak KUA di lapangan bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan terus mengembangkan program, agar KUA bisa melaksanakan tugas secara transparan.

Dalam pelaporannya juga Kementrian Agama menyebutkan sedang melakukan terus pembenahan khususnya terhadap Kantor Urusan Agama. Karena KUA merupakan layanan terdepan untuk masyarakat. 

"Tentunya pembangunan balai nikah dan manasik haji ini akan meningkatkan pelayanan umat". Kami berharap di kantor KUA inilah dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya pada masyarakat dengan memberikan komitmen pada masyarakat agar kebutuhannya dapat dilayani dengan baik. Dan selama masa pandemi KUA harus melayani pendaftaran secara online dengan peningkatan yang baik. pungkas Wamenag RI.   (Iwan)