Pembinaan Penyuluhan, Kankemenag Kuningan : Optimalkan Dakwah Penyuluh Lewat Medsos


JABARCANNA.COM | KUNINGAN - Dalam upaya mengoptimalkan metode penyampaian dakwah penyuluh Agama Islam melalui media sosial, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kankemenag Kabupaten Kuningan melaksanakan pembinaan penyuluh Agama Islam dalam konten metode penyampaian dakwah melalui medsos. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Ayong Linggarjati Kuningan, Senin (28/9/2020) dibuka langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Kuningan Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si.

Dalam sambutanya, H Hanif mengatakan bahwa penyuluh Agama Islam mempunyai peran penting sebagai ujung tombak Kementerian Agama dalam melaksanakan pembinaan agama dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya itu penyuluh juga sebagai penyambung pemerintah dalam melaksanakan sebagian tugas pembangunan dalam bidang keagamaan.

Ia menyampaikan bahwa para penyuluh selain dapat melaksanakan penyampaian dakwah secara langsung kepada masyarakat, juga harus dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan sarana media sosial dalam metode penyampaian dakwah bagi masyarakat, baik melalui Facebook, Instragram, YouTube dan lain-lain.

Namun demikian dalam memanfaatkan medsos harus bijak dan taat terhadap peraturan, undang undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang telah ditetapkan dan tetap sesuai tupoksi penyuluh Agama Islam. Jangan sampai melanggar undang- undang undang ITE dengan mengunggah konten-konten ujaran kebencian, provokatif dan penyampaian yang bersifat radikalisme. Hal ini dapat merugikan diri sendiri, masyarakat dan bangsa pada umumnya. Demikian disampaikan H. Hanif.

Sementara itu Kepala Seksi Bimas Islam H. Ahmad Fauzi, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 40 peserta dari unsur Penyuluh Agama Islam di lingkup Kantor Kemenag Kabupaten Kuningan. Adapun tujuan kegiatan ini, ucap Ahmad Fauzi adalah "memberikan pembinaan sekaligus memotivasi para penyuluh agama dalam melaksanakan tugasnya, yaitu berdakwah di wilayahnya masing-masing".

Lanjutnya, Dalam kesempatan ini, sesuai Tema konten penyampaian metode dakwah melalui medsos, para penyuluh agama Islam dapat melaksanakan penyampaian metode dakwah dengan memanfaatkan teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman melalui sarana medsos dalam penyampaian dakwah. 


.IY