Pemdes Sukajaya Gelar Musdes Bahas RKP 2021


JABARCENNA.COM | SUKABUMI - Pemerintah Desa Sukajaya Kecamatan Sukabumi pada Jumat  (25/9) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan (RKP) tahun 2021.

Musdes tersebut dilaksanakan di Aula Desa Sukajaya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni setiap peserta  yang hadir diwajibkan mengenakan masker dan menjaga jarak.

Hadir dalam acara Musdes tersebut Kepala Desa Sukajaya Deden Gunaepi, Forkopimcam, BPD, Ketua Bumdes, Dan undangan lainnya. 

Pada kesempatan tersebut Sekdes Desa Sukajaya Cecep Purnama mengungkapkan kepada jabarcenna.com, pada hari ini kita melaksanakan (Musdes) Musyawarah Desa atau disebut Pra Musrenbang yang mana dalam pelaksanaan tahap awal musyawarah itu dilaksanakan di lingkup RT/RW, setelah itu lanjut ke Musyawarah Kedusunan (MUSDUS) dimana dalam musdus tersebut di bahas usulan-usulan kegiatan dari setiap RT/RW yang ada di Desa Sukajaya dan setelah Musdus tersebut dilaksanakan baru lah kita pada hari ini melaksanakan atau mengadakan rapat Musdes (Musyawarah Desa.red) tujuannya yaitu guna untuk menentukan kembali arah yang kita bicarakan dari setiap usulan-usulan sehingga memunculkan usulan mana yang paling di prioritaskan dalam program Pembangunan kedepan di tahun 2020 baik tahap satu, dua dan tiga, terangnya.

Saat ditanya prestasi apa saja yang sudah diraih Desa Sukajaya, Cecep menjawab, Alhamdulillah untuk saat ini Desa Sukajaya menjadi salah satu Desa terbaik di Kabupaten Sukabumi, kemarin kita juga ditunjuk oleh Pemkab Sukabumi menjadi Desa SADARKUM, Desa Sadar Hukum. Ujar Cecep

"Kita disini menjadi salah satu pembelajaran untuk lebih mentaati tentang hukum baik dari segi hukum sosial kemasyarakatan, Agama dan hukum-hukum yang berlaku yang ada di wilayah Republik Indonesia ini" ucapnya

Pihaknya berharap kedepan Desa Sukajaya menjadi desa yang lebih berkembang lagi. Sesuai dengan visi-misi yang mana digemborkan oleh Kepala Desa bahwa Desa Sukajaya ini Ti urang keur Urang (TIKUKUR) 

Jadi pada saat ini memang masyarakat diarahkan bagaimana caranya masyarakat bisa berkembang dari sisi ekonomi, supaya ekonomi masyarakat itu tersentuh. 

Bagi UMKM juga ada perkembangan bagaimana caranya para pelaku usaha-usaha di wilayah Desa Sukajaya ini bisa terbantu, minimal untuk pengemasan, pemasaran dan ini tujuannya supaya para pelaku usaha kecil yang ada didesa sukajaya ini jadi lebih sejahtera secara ekonomi. Pungkasnya


.Suhendi/Erik S