PT Smelting Gelar Kegiatan Pelatihan Pendidikan Konservasi dan Pariwisata Kepada Masyarakat Kec. Kadudampit


JABARCENNA.COM | SUKABUMI - PT. Smelting salah satu perusahaan yang bergerak di bidang peleburan tambang, yang juga aktif dalam salah satu penggerakan konservasi, baik dari pelestarian ekosistem alam dan lingkungan, pada Jumat, (23/10) PT Smelting menggelar kegiatan pelatihan dan konsolidasi bersama masyarakat Kecamatan Kadudampit khususnya Karang Taruna (Karta) Desa Cikahuripan dan Desa Muara Dua, yang berbatasan dengan TNGGP. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Olah Raga, Kecamatan Kadudampit. Dengan dihadiri Camat Kadudampit diwakili Sekertatis Camat Giwa Ginanjar Lugina. S.Ip., PEH KSDA Wilayah 1 Bogor, Isep mukti W, S. Hut., Kepala Seksi PTN wilayah IV situgunung, Luki turniajaya S. Hut. M. Si., Management PT. Smelting, GA manager, Sapto Hadi, Ketua PMI Kab. Sukabumi Dr. Hondo Suwito., Kapolsek Kadudampit, IPTU Agus Suherman S.E., Kepala Desa Cikahuripan U. Malik Japar serta Karang Taruna Desa Cikahuripan. 

Dalam kegiatan tersebut guna membahas pentingnya menjaga dan melestarikan alam demi kelanjutan kehidupan ekosistem hayati, (manusia, flora dan fauna ) di muka bumi untuk masa yang akan datang. Dan melestarikan Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi). 

Dikatakan Isep Mukti W, S. Hut., selaku Pengendalian Ekosistem dan Lingkungan Hidup ( PEH ) Bidang KSDA wilayah 1 Bogor, pihaknya mengungkapkan bahwa menjaga alam lingkungan hayati dan ekosistem demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang itu sangat penting. Seperti halnya menjaga sumber kekayaan alam dan ekosistem hutan, tempat kehidupan flora dan fauna untuk kehidupan manusia di masa mendatang, ujar Isep 

Hal serupa di tambahkan oleh Kepala Seksi PTN wilayah IV Situgunung, Luki Turniajaya S. Hut. M.Si., dikatakan Luki bahwa Pentingnya konservasi terhadap elang jawa di taman nasional gunung gede pangrango tersebut demi kelestarian ekosistem, khususnya burung yang menjadi cikal bakal lambang negara. 

Ditempat yang sama dikatakan Sapto Hadi Prayitno manager GA. Dan Risty. Public Relation Officer PT. Smelting saat di konfirmasi awak media pihaknya mengungkapkan, kegiatan pendidikan konservasi tersebut yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian pengembangan sosial PT. Smelting atau CSR di wilayah Kadudampit. 

Bahwa hari ini kami mengadakan pendidikan konservasi dan pendidikan pariwisata. ini merupakan rangkaian kegiatan pengembangan sosial PT. Smelting atau CSR, agar wilayah Kadudampit punya alternatif daerah wisata selain situ gunung. 

Sementara ini kami sudah melakukan pengembangan dua desa pariwisata Desa Muara Dua dan Desa Cikahuripan, ucapnya. 

Harapan kami dengan kegiatan ini khususnya untuk konservasi alam dan elang jawa yang telah dikembangbiakan di taman safari secara xsitu, itu dapat di lepaskan di Cibodas dan Sukabumi”. Pungkas Sapto Hadi. 

Ditambahkan Risty selaku Publik Relation Officer PT. Smelting, bahwa kegiatan tersebut selain melestarikan lingkungan juga mengajak masyarakat supaya siap menyambut desa pariwisata. 

“Untuk program ini sebenarnya kita mengangkat kemampuan masyarakat disini, supaya bisa siap nanti setelah pandemi ini selesai, untuk menyambut pariwisata”. Singkat Risti.

.Erik S/ Kabiro