Hasil Monev LPMP tingkat Jabar, Raport Mutu Pendidikan Kabupaten Kuningan Masuk Peringkat 9

Kepala Bidang ( Kabid) Pengawasan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Abidin. Foto (Ist)

JABARCENNA.COM | KUNINGAN -Peningkatan mutu pendidikan sejatinya diawali dari program yang diterapkan untuk satuan pendidikan, mulai jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) hingga pendidikan menengah (SMA dan SMK). 

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, nyatanya ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. yang mana aspek tersebut yakni Kebijakan, Kepemimpinan Sekolah, Inspratuktur dan Proses Pembelajaran. 

Adanya ke 4 aspek tersebut sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan sehingga akan terlihat kualitas atau ukuran baik buruknya proses perubahan dalam mutu pendidikan.

Dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan SMP, Disdikbud Kuningan, Abidin mengungkapkan, Kami dari Disdik khususnya di Bidang SMP dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak terlepas dengan menyusun proses pembelajaran dengan menyusun konsep yang ada, baik dengan Pengawas, MGMP dan lainnya hal tersebut dilakukan guna menghidupkan kembali dunia pendidikan khususnya dalam mutu pendidikan yang lebih baik lagi, Ucap Abidin, Senin (28/12) saat ditemui di ruang kerjanya. 

Apalagi kita dikagetkan dengan kondisi yang sekarang, kata Abidin. Kondisi pandemi yang sekarang sedang dihadapi dan adanya pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam dunia pendidikan maka bagaimana caranya kita menyelaraskan dan tetap meningkatkan mutu pendidikan khususnya di bidang SMP. Sehingga dengan adanya program-program yang telah dilaksanakan bisa menarik siswa untuk pola pembelajaran baru. Ujarnya 

Lanjutnya, belum lama ini juga kita dikasih tahu bahwa Raport Mutu Pendidikan untuk Kabupaten Kuningan mendapat peringkat Ke-9 dimana di tahun sebelumnya Raport Mutu Pendidikan di Kabupaten Kuningan itu ada di peringkat ke-12. 

"Jadi hasil Monitoring dan Evaluasi (monev) Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Tingkat Jawa Barat, kita sekarang rapot mutu pendidikan dapat rangking 9 (sembilan.red) yang dulu kita dapat rangking 12 (dua belas.red)" kata Abidin 

Harapannya dengan adanya rangking yang didapat sekarang khususnya dalam dunia pendidikan di bidang SMP di Kabupaten Kuningan, yang mana adanya peningkatan mutu pendidikan yang terlihat lebih baik dengan diraihnya peringkat ke 9 tersebut, kedepan kita akan terus berupaya dan berikhtiar untuk terus meningkatkan mutu pendidikan.

"Insaallah manakala upaya dan ikhtiar kita diajukan berkaitan dengan inovasi dan melalui pembekalan-pembekalan maka kedepan semakin naik dan baik untuk mutu pendidikan kita" pungkasnya


.Iwan