Ade Qinoy : KNPI Adalah Wadah Kepemudaan Bukan Wadah Kekuasaan


JABARCENNA.COM | KUNINGAN - Pengambilan formulir pendaftaran bakal calon ketua / formatur KNPI Kabupaten Kuningan periode 2021-2023 sudah berakhir pada pukul 23.59, Rabu (18/5/2021), dari lima kandidat yang mengambil formulir tersebut terdapat politisi, mantan politisi hingga honorer inspektorat.

Kelima kandidat tersebut adalah, Masuri sebagai Incumbent Ketua KNPI Kuningan sekaligus Eks Politisi PPP, Yaya Politisi PKS yang juga Tokoh Pemuda Garawangi, Yusuf Dandi Asih, cukup dikenal sebagai aktivis juga Eks Sekretaris Media Center Acep-Ridho tahun 2018 lalu, Hendri sebagai Honorer Inspoektorat dan Fahmi Alamsyah Eks Sekjen Himpunan Mahasiswa Kuningan Indonesia (HMKI).

Hal tersebut mendapat perhatian Ade Wahyudi, tokoh pemuda Awirarangan yang aktif di Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) DPC Kabupaten Kuningan.

"Munculnya lima kandidat menjadikan pemilihan KNPI lebih kompetitif, tidak seperti periode lalu yang dipilih secara aklamasi karena hanya satu calon," ungkap pria yang akrab disapa Qinoy, salah seorang tokoh pemuda Awirarangan kepada jabarcenna.com, Kamis (20/5)

Namun, kata Qinoy, dengan adanya kandidat dari politisi, eks politisi, honorer inspektorat ini jangan sampai menjadikan KNPI Kabupaten Kuningan terlibat politik, apalagi menjadi alat kekuasaan.

"KNPI jangan terlibat politik praktis, apalagi menjadi alat kekuasaan. KNPI harus bersikap kritis terhadap semua kebijakan pemerintah agar terarah sepenuhnya pada kesejahteraan masyarakat," ungkap pemuda yang juga aktif sebagai pengurus Paguron Pencak Silat PPCA ini.

Menurut Qinoy, KNPI sebagai wadah tempat berkumpulnya organisasi kepemudaan hendaknya tidak memihak kepada salah satu calon atau pun partai tertentu. Sehingga saat pemilihan umum atau Pilkada usai suara pemuda tidak akan terhalang oleh peta politik dalam pemerintahan.

Qinoy berharap, KNPI dapat terus menunjukkan eksistensinya sebagai mitra pemerintah dan masyarakat untuk menjalankan peran dan fungsi sosial, serta memberikan masukan yang konstruktif bagi pembangunan Kabupaten Kuningan sesuai dengan bidang tugas yang diembannya.

.Iwn