Terapkan Konsep Ekonomi Sirkular, PT Semen Jawa Kembangkan Bank Sampah Sirnaresmi Berkolaborasi dengan Pemda Sukabumi


JABARCENNA.COM | SUKABUMI,- Wakil Bupati Sukabumi, Drs. H. Iyos Somantri, M.Si, resmikan Bank sampah Sirnaresmi, Selasa (27/7).

Bank Sampah Sirnaresmi yang mempunyai prinsip Ekonomi Sirkular tersebut hasil kerjasama dari PT Semen Jawa dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian, ESDM, dan Pemerintah Desa Sirnaresmi.

Proses pengolahan sampah di Bank Sampah Sirnaresmi ini menggunakan pendekatan ekonomi sirkular (Circular Economy) dimana konsep yang didasarkan pada prinsip pemanfaatan kembali untuk memaksimalkan nilai ekonomis dari barang-barang sisa konsumsi.

Bank sampah ini nantinya dapat digunakan oleh masyarakat kadusunan Mekarjaya dan Jatimekar untuk mengolah sampah menjadi benda bernilai ekonomis.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil, menuturkan, SCG menyadari akan pentingnya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang salah satunya diwujudkan melalui program pengembangan Bank Sampah Sirnaresmi.

"Kami berharap program ini dapat menjadi langkah awal bagi kita semua untuk menyelamatkan lingkungan melalui penerapan ekonomi sirkular di Kabupaten Sukabumi. Kami berterima kasih kepada masyarakat serta seluruh instansi pemerintah yang telah mendukung program ini dan berupaya bersama-sama untuk menerapkan prinsip ekonomi sirkular guna menciptakan lingkungan Sukabumi yang lebih baik,” ujarnya

Sementara dikatakan Wakil Bupati Sukabumi, Bank Sampah Sirnaresmi telah dibangun sejak tahun 2018 dan mulanya hanya merupakan tempat pembuangan sampah, demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik serta berlandaskan pada prinsip ekonomi sirkular, pada tahun 2020, PT Semen Jawa mulai mengembangkan Bank Sampah Sirnaresmi diawali dengan manajemen bank sampah, pelatihan, dan berbagai program untuk masyarakat guna memotivasi masyarakat untuk memilah sampah dan memanfaatkannya kembali.

Lanjutnya, adapun program tersebut seperti lomba membuat tempat sampah dan Lomba Tiktok sharing edukasi ekonomi sirkular.

“Kami menyadari bahwa permasalahan sampah saat ini masih harus mendapatkan perhatian dari seluruh pihak agar dapat segera terselesaikan. Atas dasar hal tersebut, kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT Semen Jawa dalam kontribusinya mengenai pengembangan sampah di Sirnaresmi", tutur Wabup

Semoga dengan diresmikannya Bank Sampah Sirnaresmi ini dapat menjadi langkah nyata dalam mewujudkan lingkungan Sukabumi yang lebih baik. Kedepan program pengembangan Bank Sampah Sirnaresmi ini selanjutnya akan dikolaborasikan dengan pengembangan program “Ubah Limbah menjadi Energi” PT Semen Jawa, Pungkasnya.

Melalui program ini, PT Semen Jawa berupaya menggunakan sampah plastik sebagai pengganti bahan bakar dalam proses produksinya sebagai bagian dari green and clean factory Semen Jawa.

Sejak tahun 2013, PT Semen Jawa telah berkontribusi dalam peningkatan hidup di masyarakat sekitarnya seperti program klinik keliling, penyediaan sarana air bersih, pembangunan masjid, perbaikan infrastruktur dan dukungan beasiswa pendidikan kepada lebih dari 400 siswa dan siswi SD, dan SMP serta 150 beasiswa pendidikan SMA setiap tahunnya.

./Suhendi