Walikota dan Kapolres Banjar Sidak Para Pedagang Pasar yang Belum Vaksinasi


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih bersama Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, S.I.K., M.Si., melakukan inspeksi mendadak ke kios pedagang Pasar Banjar. 

Sidak ini dilakukan untuk mengecek pedagang yang belum melakukan vaksin Covid-19.

Selama Sidak, Walikota bersama Kapolres didampingi oleh Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar beserta jajaran. Selain itu juga tampak sejumlah personel Polres Banjar dan anggota Satpol PP.

Saat sidak masih saja ditemukan pedagang yang belum di vaksin Covid-19. Bahkan beberapa diantaranya sempat menolak, namun setelah mendapatkan penjelasan dari Walikota beserta Kapolres pedagang mau untuk di vaksin di gerai vaksinasi yang berada di simpang empat Makin dan masih di kawasan Pasar Banjar.

"Sidak hari ini kita masih menemukan pedagang yang belum di vaksin. Kita ada regulasi kebijakan. Kalau sampai hari Kamis esok belum di vaksin akan kita segel," kata Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih kepada awak media seusai sidak pedagang Pasar Banjar, Senin 30 Agustus 2021.


Walikota menegaskan, regulasi kebijakan ini sama seperti transportasi kereta api dan pesawat. Dimana kartu vaksin menjadi syarat untuk bisa menggunakan jasa transportasi kereta maupun pesawat.

"Selama tiga hari ini kita sosialisasikan ke pedagang mengenai kebijakan vaksin. Dinas KUKMP hari ini mulai melakukan sosialisasi mengenai wajib vaksin untuk pedagang kios Pasar Banjar," kata Walikota.

"Kita berikan pengecualian bagi pedagang maupun pemilik kios yang memiliki riwayat penyakit. Namun harus ada keterangan dari dokter," tambahnya.

Walikota mengungkapkan, pihaknya melalui Dinas KUKMP akan memasangkan stiker bertuliskan "Kami Sudah di Vaksin" di setiap kios pedagang pasar. Stiker itu sebagai tanda bahwa pedagang di kios tersebut telah di vaksin semua.

"Kami melakukan penempelan stiker di kios pedagang Pasar Banjar sebagai tanda bahwa pemilik kios maupun pegawainya sudah di vaksin. Apabila belum divaksin saat kita lakukan pengecekan kembali pada hari Kamis mendatang kita akan langsung melakukan penyegelan," pungkasnya./Tema