Kemenag Kota Banjar Laksanakan Upacara Hari Santri Nasional Walikota dan Ketua DPRD Ikut Menghadiri


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Dalam rangka Hari Santri Nasional Kemenag kota Banjar melaksanakan Upacara yang dilaksanakan di depan halaman Kantor Kemenag kota Banjar, Jumat 22/10-21.

Hadir Dalam Upacara Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih selaku Pemimpin Upacara, Ketua DPRD kota Banjar Dadang R Kalyubi, Ketua Kemenag kota Banjar H Badruzaman, dan peserta Upacara yang terdiri dari para Santri dan Santriwati se kota Banjar.

Tema di dalam Hari Santri Nasional adalah " Santri Siaga Jiwa dan Raga ".

Dalam sambutannya Walikota Banjar membacakan surat dari Mentri Agama yang berbunyi Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, penetapan yang merujuk pada tercetusnya " Resolusi Jihad " yang berisi Fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan, jelasnya.

Sejak ditetapkannya pada tahun 2015 maka setiap tahun kita rutin menyelenggarakan peringati Hari Santri Nasional, jelasnya

Selesai membacakan sambutan dari Mentri Agama Yaqut Cholil Qoumas Walikota Banjar memberikan penghargaan kepada Siti Nurfadilah juara 1 bidang Nahwu Marhalah Ula Putri dari Pesantren Manazilul Huda, Muhammad Lutfi juara 1 bidang Fiqih dari Pesantren Miftahul Ulum, Ririh Shafira juara 1 bidang Akhlak dari Pesantren Darul Ulum kota Banjar./Tema