Lapas Kelas II Banjar Musnahkan BB Hasil Razia Petugas di Kamar Hunian WBP


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjar melakukan pemusnahan barang bukti hasil razia kamar hunian warga binaan oleh petugas gabungan beberapa waktu lalu. Pemusnahan ini dilakukan langsung di depan Aula Lapas Kelas II B Banjar, Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (12 Oktober 2021).

Pemusnahan ini dilakukan langsung oleh Kepala Lapas Kelas II B Banjar Muhammad Maulana, A.Md.I.P., S.H., M.Si., dan diikuti oleh Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin, S.Sos., M..Si., Kasat Reskrim Polres Banjar, Kasat Binmas Polres Banjar dan Perwakilan Kejaksaan Negeri Banjar. Selain itu juga perwakilan dari Polsus KAI dan Polhut.

Kepala Lapas Kelas II B Banjar Muhammad Maulana, A.Md.I.P., S.H., M.Si., mengatakan, pemusnahan barang bukti ini berasal dari hasil razia yang dilakukan petugas Lapas maupun gabungan di kamar hunia warga binaan. Barang-barang ini hasil razia selama Tahun 2021.

"Ini adalah bukti keseriusan kita. Kita juga melakukan deklarasi zero Halinar (HP, Pungli Narkoba), jadi barang yang tidak diizinkan berada di lingkungan Lapas kita musnahkan," kata Muhammad Maulana.

Kalapas mengatakan, razia yang dilakukan oleh petugas Lapas ini dilakukan secara rutin. Tidak hanya rutinitas tetapi juga dilakukan secara dadakan sehingga Lapas Kelas II B Banjar ini benar Zero Halinar.

"Razia ini adalah salah satu deteksi dini kami menghindari gangguan Kamtib (keamanan dan ketertiban). Kami secara rutin melakukan seminggu sekali maupun dadakan merazia kamar hunian warga binaan Lapas Kelas II B Banjar," ucapnya kepada awak media di dampingi Kepala BNNK Ciamis seusai pemusnahan barang bukti.


Selain pemusnahan barang bukti, Lapas Kelas II B Banjar juga melakukan penandatangan deklarasi Zero Halinar (HP, Pungli, Narkoba) di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan. Setelah pemusnahan juga dilakukan pemeriksaan test urine yang dilakukan kepada seluruh petugas Lapas, serta Polsus instansi terkait./Tema