"Hakordia" Jajaran Pemkot Banjar Ikut Peringati Melalui Virtual


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan peringatan Hari Anti Korupsi sedunia (Hakordia). Kegiatan Hakordia 2021 mengusung tema "Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi" dan sudah dimulai sejak awal Desember 2021. Acara puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia dihadiri oleh Presiden RI yang bertempat di Kantor Pusat KPK.

Peringatan Hakordia juga diikuti oleh Seluruh Pemerintah daerah di Indonesia melalui media Virtual. Di Kota Banjar sendiri Peringatan Hakordia diikuti oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., dengan didampingi oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., serta para Kepala OPD, yang bertempat di Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Banjar serta para Kepala OPD.

Presiden RI menyampaikan, profesionalitas aparat penegak hukum mempunyai posisi yang sangat sentral dalam penindakan dan juga pencegahan. Namun, orientasi dan mindset dalam pengawasan dan penegakan hukum harus diarahkan untuk perbaikan tata kelola dan pencegahan korupsi.

“Kinerja penegakan bukan diukur dari seberapa banyak kasus yang ditemukan, tetapi pada bagaimana mencegah secara berkelanjutan agar tindak pidana korupsi itu tidak sampai terjadi lagi,” ujarnya.


Sementara itu, Ditemui setelah kegiatan tersebut, Wali Kota Banjar mengatakan bahwa Peringatan Hakordia ini harus dijadikan sebuah momentum bahwa Korupsi merupakan kejahatan yang akan mengganggu seluruh sendi kehidupan. Pencegahan Korupsi harus dimulai sejak dini, sehingga Korupsi tidak membudaya di Masyarakat.

Wakil Walikota Banjar juga menyampaikan ini kan Hari Korupsi Sedunia jadi kita semua Pemerintahan Daerah Kabupaten/kota kemudian TNI/POLRI bergabung dalam kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia, nah yang tadi disampaikan bagaimana kita ini memberantas korupsi secara serius dari mulai level atas sampai level bawah,nah bagaimana cara pencegahannya,nah kita kan ada Tri Sula yang pertama Pendidikan menerapkan pendidikan kepada generasi  muda bahkan yang sangat muda untuk berprilaku tidak korupsi,untuk pencegahan yaitu dengan adanya Zona Integritas, adanya wilayah bebas korupsi,berbagai hal upaya pencegahan, kemudian yang ketiga penindakan, ketika berbagai hal yang dua ini tidak berhasil masih tetap  melaksanakan penindakan. Jadi upaya-upaya Tri Sula ini terus di gencarkan baik mulai level Nasional sampai ke Daerah.


"Ya, kita semua berkomitmen memberantas Korupsi di semua lini. Pemerintah Kota Banjar mempunyai komitmen tinggi dalam upaya pencegahan korupsi, khususnya di Pemerintahan Kota Banjar. Diperlukan peran aktif dari seluruh masyarakat dalam pengawasanya"jelasnya./Tema