Pemkot Banjar Raih Penghargaan Anugrah Philotra dari Pemprov Jabar


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Pemerintah Kota Banjar meraih Penghargaan Apresiasi Taat Pajak Kendaraan Bermotor (Anugrah Philotra) Sebagai Pemerintah Daerah Kota Terbaik Taat Pajak Kendaraan Bermotor Kategori Pemerintah Daerah Kota Se-Jawa Barat Tahun 2021.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat atas peran aktif pemerintah daerah dalam mensukseskan intensifikasi pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dengan tujuan untuk terwujudnya masyarakat sadar perpajakan serta terjaminnya tertib pemungutan pajak kendaraan bermotor sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.


Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan diterima oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., yang bertempat di Ballroom Manson Pine Hotel Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 29 Desember 2021.

Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, DR. H. Dedi Taufik,M.Si., menuturkan, Apresiasi ini diberikan kepada Teladan Taat Pajak Kendaraan Bermotor Di Jawa Barat, Kategori ASN Provinsi, ASN Kota Kabupaten, Kategori Perangkat Daerah Provinsi serta Kategori Pemerintah Daerah.

“Melalui pemberian Anugerah Pajak Kendaraan Bermotor ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Untuk Kategori Pemerintah Daerah hanya tiga Kota yang meraih Apresiasi ini, yaitu Kota Tasikmalaya, Kota Banjar serta Kota Cimahi.” Ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat dalam sambutanya mengatakan, PKB merupakan satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi dan merupakan sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai pemerintahan daerah dan juga pembangunan daerah. Ada lima manfaat PKB bagi daerah, lima manfaat tersebut adalah :

1. Merupakan salah satu sumber pendapatan daerah.

2. Berguna untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah.

3. Berguna untuk pembangunan dan atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum.

4. Membantu peningkatan pendapatan Kabupaten/Kota.

5. Meningkatkan ketenangan dan kepastian hukum bagi wajib pajak.

"Sebagai masyarakat Jawa Barat, mari kita lebih taat dalam membayar pajak kendaraan yang kita miliki. Manfaatkan inovasi dan layanan yang disediakan oleh Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat sehingga membayar PKB lebih mudah, cepat, dan tepat."jelasnya.


Ditemui setelah kegiatan, Wakil Wali Kota Banjar mengaku bangga atas diraihnya Apresiasi ini. Apresiasi ini merupakan bukti sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah, Bapenda serta masyarakat Kota Banjar.

“Saya berharap penghargaan yang telah kita raih menjadi motivasi seluruh masyarakat, ASN serta Pemerintah dalam upaya memberikan pemahaman pentingnya PKB untuk pembangunan. Diperlukan berkolaborasi dan sinergi antara Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam optimalisasi peningkatan pendapatan daerah khususnya pajak kendaraan bermotor.” Ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Wakil Wali Kota mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bela negara dengan taat membayar Pajak Tepat waktu sehingga tidak terkena denda keterlambatan.

""Saya menghimbau kepada semua warga Kota Banjar untuk taat membayar pajak, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat ketentuan, hal ini akan berdampak kepada kelancaran pembangunan di Kota Banjar dapat berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua. Mari bela negara dengan Taat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor." pungkasnya.

Kegiatan Penghargaan Apresiasi Taat Pajak Kendaraan Bermotor (Anugrah Philotra) ini juga dirangkaikan dengan Launching Program Pemuktahiran Data Kendaraan Bermotor Bapenda KAPENDAK (Kegiatan Pemuktakhiran Data Kendaraan Wajib Pajak) di Provinsi Jawa Barat oleh Gubernur Jawa Barat. Bapenda Kapendak ini bertujuan untuk melakukan pemuktahiran data kendaraan wajib pajak yang ada di Jawa Barat.

./Tema