Serah Terima Kelola Intake dan Jaringan Air Baku Balokang Patrol, Wawalikota Banjar : Ini Bentuk Sinergitas BBWS Citanduy-Pemkot dan Perumdam Tirta Anom


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Penandatanganan Serah Terima Kelola Intake dan Jaringan Air Baku Balokang Patrol dilaksanakan di Aula Kantor BBWS Citanduy kota Banjar, Selasa (28/12-2021).

Hadir dalam kegiatan Serah Terima Kelola Intake dan Jaringan Air Baku Balokang Patrol Wakil Walikota Banjar H Nana Suryana, Kadis PUPR kota Banjar H Tomi, Kepala PDAM Tirta Anom, Kajari kota Banjar, Danramil Langensari Mayor Agung Subekti, Kasat Intel AKP Ahmad Daryanto.

Selesai penandatanganan serah terima Kelola Intake dan Jaringan Air Baku Balokang Patrol, Wakil Walikota Banjar H. Nana Suryana mengatakan, saya mengapresiasi acara serah terima kelola Intake jaringan air baku Balokang Patrol. Jadi ini bentuk sinergitas antara BBWS Citanduy dengan Pemerintah Kota Banjar dan Perundam Tirta Anom.

Artinya apa yang kita kerjakan bersama-sama atas dasar memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yaitu kebutuhan air baku. Ini sinergitas yang positif antara BBWS, Pemkot Banjar dan Perumdam Tirta Anom untuk masyarakat Kota Banjar.

Mudah-mudahan dengan adanya serah terima kelola ini bisa segera mengalirkan ke sasaran-sasaran sehingga nanti akan terpenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah Banjar bagian barat dan selatan.

Perumdam kita ini kan belum sempurna. Karena kita mempunyai jaringan yang sudah begitu tua lebih dari 21 tahun kalo tidak salah. Kemudian ada kendala sedimen Citanduy, dimana ketika dipompa dengan satu pompa pengendapan itu tinggi oleh sedimen. Ketika dipompa oleh dua pompa akhirnya terbawa oleh lumpurnya sehingga sering terjadi seperti Kopi Susu.

Karena sebetulnya itu tidak bisa dihindari dengan pipa yang sudah cukup begitu lama. Itu masalahnya. PDAM sebetulnya sudah meminta untuk pergantian pipa dan itu anggaran besar dan sedang diajukan ke pusat. Mudah-mudahan segera bisa terealisasi.

Saya sampaikan untuk cepat tanggap kepada Perumdam Tirta Anom. Segera disalurkan agar kemudian biaya operasional supaya tidak bergantung ke APBD tetapi bisa mandiri. Karena penerima manfaatnya sudah jalan.

Direktur PDAM Tirta Anom E. Fitrah Nurkamilah, ST., mengatakan, kita sudah mendata SR di wilayah jaringan Balokang Patrol ada sekitar 2.600. Tetapi kita masih butuh jaringan trefikulasi untuk kesana, maka dari itu kita masih meminta bantuan ke Cipta Karya DPUPR untuk jaringan-jaringan yang belum terpasang ke jaringan utama.

Data untuk pelanggan sudah ada 2.600 an. Itu baru yang minat. Ketika kita eksisting baru 213 dan masih dalam perbaikan. Insya Allah di tahun Februari diaktifkan.

Pada Januari awal akan ada pemberitahuan pengaktifan. Kemarin-kemarin masih gratis. Mereka masih hati-hati dalam penggunaan. Bulan Februari kalo lancar di segi pengolahannya akan mulai diberlakukan penagihan biaya.

Biaya Rp.4 per liter. Kalau di kubikan yaitu sekitar Rp.4 ribu per kubik.

Kepala BBWS Citanduy Bambang mengatakan, serah terima kelola Balokang Patrol. Pembangunan jaringan transmisi air baku telah selesai dilaksanakan. 50 liter perdetik sesuai dengan target dari kami.

Ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilakukan kami dalam rangka melaksanakan pembangunan di wilayah sungai citanduy. Konservasi, pemberdayaan, pengendalian, sisda dan meningkatkan sdm, pemberdayaan masyarakat. Semua untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah sungai citanduy.

Pemanfaat sumber daya air. Air keruh belum sampai tercemar. Dari segi aspek keandalan air berkurang. Semakin terjadi pendangkalan akibat alih fungsi aliran sungai.

Kondisi ini memang kami antisipasi, salah satu upaya kami membangun bendungan leuwikeris. 2023 akan selesai sehingga akan dimanfaatkan airnya. Air baku, listrik, wisata dan pengendalian banjir.Pasokan air baku, Ciamis Tasik Kota Banjar.

Balokang Patrol 50 liter perdetik. Akan menambah kebutuhan air domestik Kota Banjar. Karena ini prioritas, baik untuk kebutuhan rumah tangga, perkantoran, rumah sakit, dll.

50 liter perdetik sudah bisa dimanfaatkan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Banjar. Beberapa pembangunan, terpasang Kujangsari sudah bisa dinikmati air PDAM.

Semoga Balokang Patrol air baku betul-betul bisa menambah kebutuhan-kebutuhan air domestik kota Banjar.

Nanti ada air baku dari bendungan leuwikeris. Kami sudah mendesain air baku salah satunya untuk kebutuhan Kota Banjar. Tentunya jaringan distribusi bisa segera dibangun sambungan ke rumah-rumah. Sehingga betul-betul bisa dirasakan masyarakat. ucapnya./Tema