Eksistensi Mie Ayam Mekarwangi Jempoler, “Mau Dagang Mie Ayam Dibantu Permodalannya”


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,- Memasuki tahun baru 2022, ada hal yang menarik dari perusahan yang bergerak dipenanganan makanan seperti mie ayam Mekar Wangi yang ada di komplek pertokoan Jalan SIliwangi. Wajah-wajah karyawannya tampak sumringah, bahkan pelanggannya pun ikut berseri-seri. Apa gerangan yang membuat mereka seperti itu?

Ternyata kesumringahan mereka, cukup berasalan sebab mereka menerima hadiah alias doorprize yang nilainya mencapai puluhan juta. Ada sepeda motor, kulkas, amplipier, barang cinderamata bahkan hiburan. Hal ini memberikan dorongan atau motivasi bagi mereka untuk bekerja keras dalam meningkatkan mutu produk Mie Ayam Mekarwangi dan pelayanan lebih prima.

“Kegiatan doorprize ini, berlangsung setiap tahun dan dilaksanakan awal tahun,” beber Arief Komara CEO Mie Ayam Mekar Wangi. “Kita memberikan penghargaan kepada karyawan juga pelanggan supaya mereka lebih meningkatkan kualitas olahan mie dan pelanggan tidak beralih ke produk lain,” ucapnya diiringi senyuman khasnya.

Kegiatan ini sederhana, kata Arief, ngumpul di perusahaan pusat. Saling silaturahim menjaga perkawanan. Saling hormat menghormati dan menganggap keluarga besar mie ayam mekar wangi. Jika sudah merasa bersaudara, maka mereka secara otomatis akan saling menjaga. Contohnya, karyawan tidak akan berbuat kesalahan.

Begitu juga dengan pelanggan, karena merasa dilayani dengan baik. Diperlakukan sebagai keluarga, tentunya akan merasa senang. Harapan itu bukan hanya sekedar basa-basi tapi harus real dilaksanakan di lapangan. Sehingga akan terjalin komunikasi dengan baik apabila ada persoalan di kemudian hari. Sesuai slogannya “melayani konsumen dari bangun tidur sampai tidur kembali”

“Misalnya, pelanggan komplain apabila barangnya kurang bagus. Mereka tidak akan berbicara ke luar menjelekan. Tapi akan langsung dikomunikasikan dengan karyawan supaya memperbaiki dan mengganti barang yang rusak. Ini kan bentuk pelayanan optimal dari perusahan,” terangnya.

Selain itu, Arief pun mengungkapkan bahwa doorprize yang diberikan kepada karyawan dan pelanggan berasal dari manajemen yang menyisihkan laba penjualan. Jadi ada laba setiap tahunnya meski tidak berlebih tapi dikembalikan lagi ke mereka. Upaya ini justru memberikan dampak lebih bagus untuk perusahan. Apalagi kegiatan ini didukung pula oleh PT. Pundi Kencan Flour Mils.

Ada program, menurut Arief membantu pemerintah. Salahsatunya peningkatan perekonomian masyarakat dengan cara memberikan bantuan permodalan, ia pun memberikan contoh.

“Penyediaan bahan baku mie, mie instan siap dijual bahkan gerobak untuk jualannya pun kita berikan. Progam ini sudah berjalan lama, nah bagi masyarakat yang berminat bisa menghubungi seluruh perusahaan mie ayam Mekarwangi di seluruh cabang. Jika belum bisa, kita pun siap melatih mereka sampai mahir,” terangnya. (Dedi J)

Pihaknya pun bisa mengembangkan usaha lebih optimal. Sekarang cabang mie ayam mekar wangi sudah tersebar di beberapa daerah. Misalnya ada di Darma, Pasarbaru, Cidahu, untuk Kabupaten Kuningan. Di daerah lain pun ada seperti Rajadesa, Kertasari Ciamis, Wanayasa dan Pabuaran Cirebon. Ini menunjukan eksistensi perusahan.