MTQ Ke-47 Tingkat Kab.Kuningan Tahun 2022 Berjalan Lancar


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,- Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-47 Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2022 resmi dibuka oleh Bupati Kuningan H.Acep Purnama SH.,MH. Kegiatan pembukaan ini di laksanakan secara Hybrid (daring dan offline) bertempat di Komplek Kampus I Universitas Kuningan , Kamis (24/02/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 504 Peserta Cabang Putra/Putri Dari 6 Kecabangan Lomba dan 96 Orang Official dari 32 Kecamatan ini dilaksanakan selama 2 hari, Kamis 24 – 25 Februari 2022.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 dengan tema “Membangun Generasi Qur’ani yang cerdas dan Berakhlakul Karimah menuju terwujudnya Visi Kuningan yang Makmur, Agamis dan Pinunjul Berbasis Desa tahun 2023” ini dilaksanakan dengan maksud agar terciptanya Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah yang profesional dan berprestasi.

Terdapat 6 (enam) dari 8 (delapan) jenis kecabangan yang diperlombakan di Tingkat Provinsi Jawa Barat dalam kegiatan ini, yaitu : Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, cabang fahmil Al-Qur’an, Cabang Syarhil Al-Qur’an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an, dan cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an dimana Cabang Qiraat dan Tafsir Al-Qur’an belum bisa dilaksanakan karena menimbang keterbatasan peserta.


Dalam sambutannya, Bupati berharap agar penyelenggaraan MTQ dapat dilaksanakan sebaik-baiknya mengingat kegiatan ini adalah kegiatan rutin Pemerintah Kuningan sebagai salah satu indikator keberhasilan Visi Misi Kabupaten Kuningan dalam mendapatkan Qori-Qoriah terbaik yang akan dipersiapkan menjadi Duta Kabupaten Kuningan untuk berlaga pada MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Selenggarakan MTQ ini dengan sungguh-sungguh, obyektif dan dapat dipertanggung jawabkan, jauh dari unsur koalisi dan nepotisme sehingga dapat menghasilkan qori dan qoriah terbaik’”ungkapnya.

Bupati memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada jajaran panitia penyelenggara yang telah berupaya dan bekerja keras dalam mempersiapkan acara ini serta kepada pengurus yayasan pendidikan Sang Adipati Kuningan, Rektor dan jajaran akademisi Universitas Kuningan yang telah membantu dan memberikan izin penggunaan kampus sebagai pusat penyelenggaraan MTQ.

Ia juga memberikan ucapan selamat kepada para peserta dalam mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat kabupaten Kuningan. “semoga keikutsertaan saudara-saudara dalam mengikuti kegiatan ini dapat membawa manfaat dan maslahat dalam upaya menyebarkan syiar islam khususnya di Kabupaten Kuningan,”ucapnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Kuningan , Dr. Dian rachmat yanuar., M,Si. Menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh panitia dan pihak pendukung dalam menyelenggarakan acara MTQ ini.

“Dalam situasi tidak biasa ini, kita akan dengan mudah melihat betapa istimewanya seluruh apa yang telah dikerjakan oleh panitia sampai perhelatan keagamaan ini tetap bisa digelar di tengah situasi pandemi,”ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa hasil dari MTQ yang dilaksanakan pada hari ini akan menjadi acuan untuk mengukur sejauh mana kekuatan dan kemampuan Kabupaten Kuningan dalam menghadapi Gelaran MTQ Tingkat Jawa Barat bertempat di Sumedang pada medi mendatang.

“Semoga Kabupaten Kuningan dapat meningkatkan prestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Tentunya dengan dorongan dan dukungan dari semua pihak-pihak terkait baik moril maupun materil,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menciptakan Generasi Qur’ani yang memiliki kemampuan dalam hal tilawah dan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai media untuk belajar dan berinovasi.

“Diharapkan dapat memunculkan para juara dengan kualitas yang mumpuni dan dapat melahirkan qori-qoriah handal yang akan ikut serta mewujudkan kuningan maju melalui inovasi dan kolaborasi di bidang tilawah yang akan membawa nama baik Kabupaten Kuningan baik di tingkat Lokal, Nasional maupun Internasional,”ungkapnya.

Selain itu, Ia juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pemerintah Kabupaten Kuningan yang telah memberikan penghargaan kepada putra-putri Kabupaten Kuningan yang telah berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Kuningan dalam bentuk pemberian beasiswa dan juga paket perjalan umroh.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan H. Mujayin menyampaikan bahwa gelaran MTQ ini adalah agenda tahunan dan mudah-mudahan semakin tahun semakin sering dilaksanakan bisa menjadikan kita menjadi orang-orang yang gemar membaca al-quran dan bisa mengamalkan nilai-nilai islam ./Iwn