OPD se-Kota Banjar Ikuti Festival Minyak Klentik


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Dalam rangka Hari Jadi kota Banjar yang ke 19, Pemerintah kota Banjar, Kejaksaan Negeri kota Banjar,Polres Banjar, Kemendag kota Banjar, mengadakan Festival Minyak Klentik kota Banjar tahun 2022, yang dilaksanakan di lokasi Wana Wisata Situ Mustika, Rabu (30/3-22).

Peserta Festival Minyak Klentik diikuti oleh OPD se-kota Banjar dan Lintas Agama, sebanyak 35 peserta.


Hadir dalam kegiatan Wakil Walikota Banjar H Nana Suryana yang sekaligus membuka kegiatan,Sekda kota Ade Setiana, Kejaksaan Negeri Banjar Ade Hermawan,Kapolsek Purwaharja AKP Opik, Kemendag kota Banjar Dr H Badruzaman, Dandim 0613/Ciamis yang diwakili oleh Pabung.

Dalam sambutanya Wakil Walikota Banjar menyampaikan atas nama Pemerintah kota Banjar mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Festival Minyak Klentik ini, Ide kegiatan ini muncul dari keresahan warga yang akhir-akhir ini kesulitan mendapatkan minyak goreng.

"Padahal seperti kita ketahui bersama, sejak dulu, warga kita sudah terbiasa membuat minyak goreng sendiri. Dengan cukup banyaknya pohon kelapa di Kota Banjar, sebenarnya warga tidak akan kesulitan mendapatkan pasokan bahan baku pembuatan minyak klentik", Jelasnya.


Wakil wali kota menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan warga akan kembali tergugah semangatnya untuk kembali membuat minyak klentik.

"Saya harap acara ini bukan hanya sebatas seremonial semata, namun juga mampu "mengugah" Kembali Semangat warga membuat minyak goreng yang sebenarnya memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sejak. Dulu minyak klentik bukan hanya dipakai sebagai minyak goreng saja, namun juga dapat digunakan sebagai lulur kulit. Selain itu, makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak klentik akan memiliki citra rasa yang lebih enak daripada yang digoreng menggunakan minyak goreng biasa. "Pungkasnya.

Wakil wali kota juga berkesempatan meninjau stand peserta festival minyak klentik ini dengan didampingi oleh Kajari Kepala Kementrian Agama, Sekretaris Daerah, Perwira Penghubung Kodim 0613 Ciamis serta Kasatpol PP Kota Banjar./Tema