Rakerda Bangga Kencana 2022 di Aula Somahna Bagja Dibuana


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., membuka Kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bangga Kencana Tingkat Kota Banjar tahun 2022 yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar. Kamis, 31 Maret 2022.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Banjar, Kepala Perangkat Daerah Kota Banjar, Ketua IBI Kota Banjar, Tim Penggerak PKK Kota Banjar serta seluruh Kader Se-Kota Banjar.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan tiga Penghargaan dari BKKBN Provinsi Jawa Barat Kepada Pemerintah Kota Banjar atas Prestasi yang Diraih Kota Banjar.

1. Terbaik Ke 1 Capaian Peserta KB MOP lebih dari 100% tahun 2021

2. Terbaik ke 1 Capaian Peserta KB Baru MKJP Lebih dari 100% tahun 2021

3. Penghargaan Kampung KB Award diraih oleh Kampung KB Ulin Ka Bapa sebagai Terbaik ke II Kategori Kota.

Selain penghargaan dari BKKBN Provinsi Jawa Barat, diserahkan juga Penghargaan Kepada Kecamatan Banjar atas prestasinya sebagai pelayanan Akseptor KB MKJP terbanyak Tingkat Kota Banjar tahun 2021 serta launching Dapur Sehat Atasi stunting yang ditandai dengan Penyerahan Peralatan masak secara simbolis dari Tim Penggerak PKK Kota Banjar kepada Kader Kampung KB.


Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara DPPKB Kota Banjar dengan PT Pos Indonesia Kota Banjar yang berisi tentang perjanjian kerjasama penyaluran Pulsa Kader Melalui Layanan Payment Pos. Selain dengan Kantor Pos, DPPKB Kota Banjar juga melakukan penandatanganan Kerjasama dengan Pengelola Wahana Agro Wisata Tepas Konci tentang Program Bangga Kecana Di Kampung KB Kelurahan Pataruman.

Wakil wali Kota dalam sambutanya mengatakan bahwa program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana atau bangga kencana bertujuan untuk membangun ketahanan keluarga, menekan angka kelahiran dan mengendalikan angka pertumbuhan penduduk di Indonesia. Hal ini merupakan beban yang cukup berat apalagi dengan diterbitkannya Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

"Namun demikian saya mengapresiasi kerja keras dan peran Lini lapangan, seperti tenaga penyuluh KB, tenaga penggerak desa yang didukung oleh pos KB serta kader sebagai ujung tombak keberhasilan bangga kencana. Saya juga mengapresiasi atas kolaborasi dan integrasi pembangunan yang melibatkan Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PMD, Dinas Sosial dan PPA, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Disperindakop, organisasi kemasyarakatan serta semua pihak yang secara bersama-sama mendukung pelaksanaan bangga kencana di Kota Banjar. "Jelasnya.

Secara umum, tambah Wakil Wali Kota, program bangga kencana di Kota Banjar sudah berjalan dengan baik namun dalam upaya mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat wakil wali kota berharap program bangga kencana dapat lebih digencarkan untuk menjangkau generasi muda sampai ke pelosok.

"Pemahaman diri akan pentingnya membangun ketahanan keluarga dapat menjadi bekal yang menentukan kualitas keluarga Indonesia ke depan. Kita ingin membangun keluarga yang sejahtera lahir dan batin serta harmonis dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di Kota Banjar. " Pungkasnya./Tema