Wujudkan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju, Lapas Banjar Lakukan Razia Serentak dan Penguatan P4GN


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Implementasikan Kunci Pemasyarakatan Maju, Lapas Banjar laksanakan Razia Serentak dan Penguatan P4GN yang dilaksanakan Bersama BNNK Ciamis dan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kamis 21 April 2022.

Kegiatan ini merupakan Tindak Lanjut Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Nomor : W.11-PK.08.06-5444 tanggal 12 April 2022 Hal Pemasyarakatan Bersih-Bersih di Lingkungan Satuan Kerja Pemasyarakatan.

Kalapas Kelas IIB Banjar Muhammad Maulana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Langkah Progresif yang dilakukan Lapas Banjar dalam mewujudkan Kunci Pemasyarakatan maju yakni melalui 3 + 1 meliputi Deteksi Dini, Berantas Narkoba dan Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum (APH) + Back To Basic. Penguatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) ini kami lakukan agar pegawai Lapas Banjar memiliki mentalitas yang kuat agar terhindar dan tidak terlibat dalam transaksi maupun penyalahgunaan Narkoba.


Kepala Sub Bidang Bimbingan dan Pengentasan Anak Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Indri Apriyanty, Amd.IP.,S.Sos.,M.Si. menyampaikan bahwa Divisi Pemasyarakatan hadir di Lapas Banjar dalam rangka Bintorwasdal. Bintorwasdal ini dalam rangka memastikan bahwa seluruh UPT Pemasyarakatan khususnya Lapas Banjar telah benar – benar melaksanakan Kunci Pemasyarakatan Maju yakni Deteksi Dini, Berantas Narkoba dan Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum (APH) + Back To Basic. Kegiatan yang dilaksanakan berupa Razia Serentak dan penguatan P4GN ini agar dilaksanakan dengan pendekatan humanis sehingga kondusifitas keamanan tetap terjaga.

Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin S.Sos.,M.Si. dalam sambutan sekaligus paparan P4GN menuturkan bahwa sebagai Pegawai Lapas tentunya harus memiliki pengetahuan luas terkait perkembangan narkoba saat ini, maksudnya agar pegawai Lapas mampu mengetahui dan mengidentifikasi apabila menemukan sesuatu mencurigakan yang diduga adalah narkoba. Selain itu, penguatan ini diberikan dalam rangka agar kita semua jangan sekali – kali ingin mencoba maupun masuk terlibat dalam jaringan / transaksi / penyalahgunaan narkoba.

Usai pelaksanaan Penguatan P4GN, seluruh pegawai bersama BNNK Ciamis dan Tim Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat melaksanakan kegiatan razia ke seluruh kamar hunian warga binaan yang terbagi menjadi 4 tim. Adapun hasil penggeledahan hanya ditemukan kabel, gunting, sendok, tidak ditemukan adanya narkoba, Ucapnya ./Tema