Jokowi Himbau Pemudik Arus Balik untuk Tak Berangkat Bersamaan Pada Sabtu-Minggu


JABARCENNA.COM | JAKARTA, - Guna menghindari kemacetan saat arus balik mudik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada pemudik untuk melakukan perjalanan arus balik mudik secara bersamaan pada Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022). 

Jokowi meminta kepada pemudik dalam melakukan perjalanan balik lebih awal untuk menghindari kemacetan yang rawan terjadi di sejumlah titik ruas jalan tol, jalan nasional, dan pelabuhan penyeberangan.

"Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni,” kata Presiden Joko Widodo secara virtual pada Senin (2/5/2022).

Menurut Presiden, alasan pemudik harus melakukan perjalanan balik dari aktivitas mudik, untuk memecah frekuensi kendaraan saat arus balik nanti.

Jumlah pemudik Lebaran 2022 setidaknya 85,5 juta, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor. "Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," tutur Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah memastikan pelaksanaan salat Idulfitri diseluruh wilayah dengan aman. Masyarakat yang merayakan hari besar umat muslim melakukan salat dengan lancar tanpa adanya hambatan.

"Tadi pagi juga kita pantau di semua kota, semua provinsi, semuanya berjalan dengan baik, alhamdulillah” pungkas Presiden. (Iwan)