Ketum PSNU Pagar Nusa H. Muchammad Nabil Haroen Lantik Secara Resmi Pengurus Cabang Pagar Nusa Kuningan Masa Khidmat 2022-2027


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,- Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, H. Muchammad Nabil Haroen melantik secara resmi Pengurus Cabang Pagar Nusa Kuningan masa khidmat 2022-2027 di Pendopo Setda Kabupaten Kuningan, Minggu (15/5/2022). Dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH.

"Ini bagi Pagar Nusa merupakan penghormatan sangat besar dengan adanya pelantikan yang diselenggarakan di pendopo ini dan merasa bagian dari keluarga. Harus kita sambut, kegiatan ini tidak hanya keren, tapi betul-betul dilakukan dengan kegiatan nyata. Terimakasih atas kepedulian dan kesempatan yang di berikan Pak Bupati Kuningan", ucap Pria yang akrab dipanggil Gus Nabil

Gus Nabil yang juga Anggota Komisi IX DPR RI meminta, kepada seluruh kader organisasi ini untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengawal perjuangan NU, kiai, dan pesantren dalam menjaga ideologi, amalan, dan tradisi Aswaja. Sesuai dengan sumpah sebagai pagar NU dan pagar bangsa harus kokoh, kuat, dan mandiri, ungkapnya.

Ia menekankan seluruh pendekar Pagar Nusa agar sering melakukan sowan dan silaturahim kepada kiai dan masyayikh. Dia menjelaskan sowan kepada kiai bagi anggota Pagar Nusa memiliki dua tujuan utama, yakni menjaga akhlakul karimah dan energi.

Ia pun dengan tegas mempersilakan anggota PSNU Pagar Nusa untuk keluar dari organisasi jika tidak sowan kepada para kiai. “Kalau ada pendekar Pagar Nusa yang tidak mau dan tidak pernah sowan kiai, silakan keluar,” kata Gus Nabil.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama menuturkan, momen pelantikan kali ini hendaknya dapat menjadi momen yang baik dan bersejarah karena bisa dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat, Gus Nabil. Tentunya PSNU Pagar Nusa Kuningan sebagai organisasi dan mitra pemerintah diharapkan dapat memberikan dukungan dalam pembangunan untuk mewujudkan Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) berbasis desa.

Selanjutnya, Bupati Acep mengatakan, pengurus yang sudah dilantik dapat melaksanakan program-program kerjanya dengan penuh profesionalisme dan dedikasi tinggi, dalam rangka memajukan organisasi, daerah, bangsa, dan negara serta bermanfaat bagi agama. Kepada pengurus yang dilantik, selamat bekerja dan mengabdi.

Sementara itu Ketua Pimpinan Cabang PSNU Pagar Nusa Kabupaten Kuningan Wibawa Gumbira, M.Pd usai dilantik menyampaikan kehadiran Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa di Kabupaten Kuningan akan menjadi motivasi dan semangat kolektif kami untuk menghidupkan Seni Pencak Silat bukan hanya sekedar khazanah bangsa, tapi juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang berpegang pada nilai-nilai NKRI

“Dan kami akan selalu mengingat pesan-pesan yang disampaikan Pak Gus Nabil sebagai bekal untuk mengembangkan dan memajukan Pagar Nusa dengan kegiatan-kegiatan positif bernuansa Jam’iyah Nahdlatul Ulama. Kami siap menata barisan untuk satu komando. Terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah mensupport acara ini,” ungkap Wibawa Gumbira di dampingi Ketua Panitia Pelantikan Nana Suhendra, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut Gus Nabil didampingi Dewan Pembina Pagar Nusa Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si yang juga Sekda Kuningan turut menyaksikan berbagi atraksi selain tontonan didalamnya adanya tuntunan mulai dari menarik kendaraan mobil dengan lampu neon berukuran panjang, memecahkan bata merah hingga bata beton, termasuk pecah botol dengan siku lengan, dan ibingan. Rangkaian atraksi ini tak lepas pendampingan pelatih Pelatih Pendekar Pagar Nusa Kuningan, Dadawuk.


./Iwan