Lupa Matikan Kipas Angin, Kamar Milik Karsim Warga Pataruman Terbakar Diduga Berasal dari Konsleting Listrik


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Diduga akibat konsleting listrik, sebuah ruangan kamar tidur rumah warga di Lingkungan Pataruman Rt 02 Rw 13 Kelurahan Pataruman Kecamatan Pataruman Kota Banjar habis dilalap api, Kamis ( 26/5/2022) sekira jam 10 Wib.

Rumah milik Bapak Karsim tersebut mengalami kebakaran ketika pemilik rumah sedang bekerja di tobong ( pabrik percetakan ) bata, dan hanya ada anak perempuannya (11 tahun) berada di rumah tersebut.

Menurut Ketua RW 13 Ucu Samsudin, asal muasal api terjadi dari terminal listrik yang konsleting kemudian ke kipas angin dan langsung ke kasur.
 

"Saat itu rumah hanya ada anaknya saja. Kemungkinan anak tersebut menyalakan kipas angin, lalu ditinggalkan ke luar. Konsleting listrik terjadi di terminal listrik lalu merembet ke kipas angin kemudian menimpa kasur. Sehingga membakar semua yang ada di dalam ruangan kamar tersebut. Namun Alhamdulillah warga sekitar mengetahui kebakaran tersebut, sehingga api tidak sempat meluas ke bagian lain, " ucapnya.

Unit Pemadam Kebakaran BPBD Kota Banjar dibantu warga sekitar bisa dengan cepat mengatasi api, sehingga kebakaran tidak merembet ke bagian ruangan yang lain.


"Kami mendapatkan laporan dari warga terjadi kebakaran di daerah Pataruman. Dan saat kami datang api sudah menghanguskan semua barang yang ada di dalam ruangan kamar.

Kerugian diperkirakan Rp. 10 jt -an, dan beruntung tidak ada korban jiwa. Dan saat ini api sudah berhasil kami padamkan, " jelas Yudi Kasie Kedaruratan BPBD Kota Banjar./Tema