P3TGAI Jagakerta Desa Bandorasa Kulon Realisasikan Saluran Irigasi Sesuai Harapan Warga


JABARCENNA.COM | KUNINGAN, - Program Peningkatan Percepatan Pembangunan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memberikan berbagai kemudahan khususnya kepada para petani. Dengan program ini, para petani memiliki akses sumber air yang dialirkan melalui saluran irigasi.

Karena itu para petani yang tergabung di dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Jagakerta di Desa Bandorasa Kulon, Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan menyambut dengan antusias program P3-TGAI dari Kementerian PUPR itu. Dengan program tersebut, P3A Jagakerta dapat meningkatkan mutu jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Cihambar.

Pembangunan jaringan irigasi DI Cihambar mengairi beberapa hektar sawah dan itupun dilaksanakan secara swakelola oleh kami dengan sumber anggaran dari pemerintah pusat. Sampai sekarang penyelesaiannya sudah sekitar 50 persen,” kata Kepala Desa Bandorasa Kulon Nana Sudiana kepada awak media diruang kerjanya, pada Selasa (24/05/2022).


Pekerjaan tersebut dilaksanakan secara swakelola, ujar dia, P3A Jagakerta mengerjakannya dengan baik dan rapih disertai niat dan tekad untuk pengabdian pada masyarakat.agar Pembangunan jaringan irigasi ini dikelola oleh petani untuk petani.dan Para petani juga bertekad untuk membuat jaringan irigasi yang kuat dan kokoh karena hasilnya untuk mereka juga

Dalam mengerjakan proyek irigasi ini, kami selaku Pemerintahan Desa sekaligus pelaksana selalu memperhatikan bimbingan dan arahan, serta petunjuk dari tim dari Kementerian PUPR yang setiap saat mengontrol ke lokasi kegiatan agar hasil pekerjaan sesuai dengan juklak, dan juknisnya,” jelas Nana.

Atas nama Pemerintah Desa dan tim pelaksana kegiatan, Nana menyampaikan terima kasih kepada Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang telah memfasilitasi dan membimbing P3A Jagakerta dalam pelaksanaan pembangunan irigasi sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan keadaan para petani di Desa Bandorasa Kulon dengan Adanya perbaikan irigasi ini, pesawahan kami tidak akan kekurangan air,” ucap dia.


Ditambahkan Nana program P3-TGAI untuk peningkatan irigasi di desanya berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung. Dia yakin program ini dapat meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas para petani.

“Kami mengharapkan perbaikan irigasi ini dapat meningkatkan produksi hasil pertanian di Desa kami umumnya di kecamatan Cilimus kabupaten Kuningan pungkasnya.

./Angga