250 Penyuluh Agama Islam di Kuningan Ikut Penguatan Moderasi Neragama


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,- Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kabupaten Kuningan menggelar giat Penguatan Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama Islam di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kuningan. Giat tersebut diselenggarakan di Gedung IPHI Kabupaten Kuningan pada hari Selasa, 28 Juni 2022.
Peserta berjumlah 250 orang yang merupakan Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Kuningan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan kinerja penyuluh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menguatkan pemahaman kepada para penyuluh terkait Moderasi Beragama. Menghadirkan Narasumber yang berkompeten di bidang Penguatan Moderasi Beragama, Deden Faried Mohammad Yusuf, SS, MM, yang bertempat tugas di Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, H. Mujayin berkesempatan membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia menyampaikan Penyuluh harus memiliki wawasan yang luas dalam amaliyah di masyarakat, “Penyuluh Agama Islam sebagai bagian dari ASN dengan tugas dan fungsi sebagai pembimbing juga penerang bagi masyarakat, Penyuluh Agama Islam yang profesional harus memiliki wawasan yang luas dan dapat memberikan kontribusi pemikiran sesuai dengan tantangan perkembangan zaman sehingga mampu menjawab persoalan sesuai dengan kemajuan perkembangan teknologi. Penyuluh Agama Islam juga harus tawasuth dalam amaliyahnya ditengah masyarakat dan bisa berkontribusi langsung kepada masyarakat terkait moderasi beragama”, ujarnya.

Penyuluh modern, lanjutnya, dituntut untuk memiliki Kompetensi untuk melakukan pengkajian terhadap masalah hukum Islam; kompetensi untuk melakukan pengembangan metode penasihatan, konseling, dan pelaksanaan bimbingan agama Islam diselaraskan dengan perkembangan zaman; kompetensi pengembangan perangkat dan standar pelayanan penerangan agama Islam; Kompetensi untuk melakukan koordinasi kegiatan lintas sektoral di bidang kepenyuluhan; dan Kompetensi untuk menyusun laporan kegiatan dan memahami penghitungan angka kreditnya.

Dalam pelaksanaannya, peserta diberikan form pretest sebelum berlangsungnya pembinaan. Dalam pembinaan, peserta mendapatkan pendalaman materi terkait Moderasi Beragama yang difasilitasi oleh Deden Faried Mohammad Yusuf, SS, MM selaku Narasumber. Materi yang disampaikan Narasumber berupa Udar Asumsi Dan Bangun Perspektif, Konsep Moderasi Beragama Kementerian Agama, Wawasan Kebangsaan Dan Jati Diri ASN Kementerian Agama, Dan Analisis Sosial Dan Strategi PMB Dengan Analisis Gunung Es. Sebelum kegiatan tersebut usai, peserta diminta mengisi postest. /Iwn