Ace Hasan Syadzily Melepas Keberangkatan Jemaah Haji Asal Kabupaten Bandung Barat


JABARCENNA.COM | BANDUNGBARAT,- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily melepas keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Bandung Barat, di Gedung Raudhah Asrama Haji Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). Pada acara tersebut, Ace mengatakan bahwa Komisi VIII DPR RI terus mendorong pemerintah, khususnya Kementerian Agama, untuk meningkatkan pelayanan haji.

"Kami jamin, selama di Mekkah bapak ibu akan dapat makan 50 kali. Makanan juga harus khas orang Sunda. Saya minta agar Kemenag, menyediakan makanan khas nusantara. Selama di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna), di Madinah, nggak usah bingung makan. Jadi bapak ibu fokus ibadah,” ungkap Ace Senin (20/6/2022).

"Akomodasi juga sekelas bintang 3. Kalau tidak, laporkan pada kami, akan kami pindahkan. Kami di Komisi VIII terus berupaya memberikan masukan Kemenag untuk memberikan pelayanan ibadah haji yang terbaik,” komitmen politisi Partai Golkar tersebut.

Selanjutnya Ace juga menyinggung soal biaya haji. Ia menjelaskan kepada jemaah bahwa biaya perjalanan haji per jemaah sebetulnya sebesar Rp101 juta. Dari jumlah itu, jemaah mendapatkan subsidi dari dana maslahat haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Sebagai Ketua Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2022/1443 dan pihak yang terlibat langsung dalam penyusunan pembiayaan haji, Ace meyakini jemaah bahwa pelayanan ibadah haji dipastikan lebih baik dari tahun sebelumnya. “Kami memutuskan perjemaah 39 juta. 35 juta dari setoran jemaah dan 4 juta dari dana maslahat haji. Jadi dana haji digunakan sepenuhnya untuk kepentingan jemaah haji," terang Ace.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Bandung Barat, Asep Ismail mengatakan bahwa jumlah jemaah haji Bandung Barat atau kloter 23 ini adalah sebanyak 410 jemaah. Sementara Handiman Romdhoni mengatakan jemaah akan diberangkatkan pada Selasa (21/6/2022) pukul 04.00. Ia juga memastikan jemaah telah bebas Covid 19. “Alhamdulillah tidak ada jemaah yang tidak berangkat karena Covid 19. Jemaah yg masuk embarkasi ini sudah clear. Tetap jaga kesehatan. Manfaatkan waktu istirahat di sini", ujar Romdhoni. 

./Asbud