Rukyatul Hilal Awal Dzulhijjah di Kota Banjar Berlangsung di Gunung Putri, Pemerintah Tetapkan 10 Juli 2022


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Wakil Walikota Banjar H Nana Suryana, Kalapas, Kemendag kota Banjar H Badru Zaman dan Ketua BHRD kota Banjar Badar Ismail melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal pada Awal Bulan Dzulhijjah 1443 H. Yang dilaksanakan di Gunung Putri Lapas kelas ll B kota Banjar, Rabu (29/6-2022).

Dari perhitungan Ephemeris dapat diketahui bahwa ijtima menjelang Bulan Zulhijjah 1443 H, terjadi pada hari Rabu legi 29 Juni 2022 M, jam 09:55:6.62.


Dalam sambutanya Wakil Walikota menyampaikan Penentuan awal Dzulhijjah 1443 sebagai penetapan hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dipantau Kementerian Agama (Kemenag) dengan menggelar rukyatul hilal atau pengamatan hilal awal Dzulhijjah 1443 H.

Wakil Wali Kota Banjar, Apresiasi dan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bagi umat muslim di Kota Banjar khusunya dalam penentuan awal Bulan Dzulhijjah 1443H.


"Kegiatan Rukyatul Hilal ini menjadi ajang silaturahmi dengan saudara-saudara kita dari kabupaten/kota tetangga. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kalapas Banjar yang selalu menerima kita dengan tangan terbuka dalam setiap kegiatan Rukyatul Hilal. " Jelasnya.

Disinggung tentang pengadaan Alat-alat pendukung pengamatan Rukyatul Hilal, Wakil wali Kota menuturkan bahwa Pemerintah Kota Banjar akan kembali menganggarkan pembelian teropong, mengingat teropong yang selama ini digunakan merupakan peralatan yang sudah cukup lama.

"Nanti kita akan bahas di penganggaran dengan tetap mempertimbangkan kemampuan anggaran kita. Semoga kita segera mempunyai alat yang lebih baik lagi untuk digunakan dalam kegiatan Rukyatul Hilal seperti ini. " Pungkasnya./Tema