Warga Desa Kujangsari Mampu Berperan Aktif dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. Drs. H. Ade Setiana, M. Pd., menerima Tim Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan sebagai Sumber Karbohidrat Tingkat Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Pendopo Desa Kujangsari Kecamatan Langensari, Kamis, 30 Juni 2022.

Tim Penilai melakukan kunjungan lapangan yang bertempat di RW 10 Dusun Sindangmulya Desa Kujangsari dengan didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Banjar, Para Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa Kujangsari beserta jajaran.

Sekretaris Daerah, dalam sambutanya mengatakan bahwa TP PKK merupakan mitra kerja Pemerintah dalam mengisi pembangunan di Kota Banjar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kemandirian pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai sumber karbohidrat keluarga dan meningkatkan pendapatan keluarga.

"Pemerintah Kota Banjar bangga atas peran serta warga masyarakat RW 10 Dusun Sindang Mulya Desa Kujangsari mampu berperan aktif dalam upaya peningkatan ketahanan pangan keluarga di Kota Banjar." Ucapnya.


Menurutnya, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya dijamin oleh pemerintah baik kuantitas dan kualitasnya sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan. Ketahanan Pangan adalah sebuah kondisi di mana terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan yang bercermin dari Tersedianya pangan yang cukup, baik dalam jumlah maupun mutunya, aman, beragam, merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama keyakinan dan budaya masyarakat setempat.

"Saya berharap dengan lomba ini akan menjadi motivasi bagi wilayah lain di Kota Banjar untuk terus berupaya untuk meningkatkan ketahanan pangan diwilayahnya masing-masing. Semoga Desa Kujangsari mampu meraih hasil yang menggembirakan dalam lomba tersebut. " Pungkasnya./Tema