Wisuda Tahfid SD IT Binaul Ummah Cigugur Kuningan Berjalan Lancar


JABAECENNA.COM | KUNINGAN,- Diliputi suasana penuh haru disertai kebanggaan tersendiri, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Binaul Ummah Kelurahan/Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan manakala menggelar wisuda tahfidz quran juz 30 dan 25 surat angkatan I, bertempat di kampus 2, Kamis (23/6/2022)

Meskipun sekolah tersebut baru berdiri kurang lebih 4 tahun lalu, namun mampu menorehkan prestasi, khususnya bagi sebanyak 86 peserta untuk mengikuti wisuda qur'an pada tahun ini. Sebanyak 18 orang wisudawan juz 30 dan 68 orang mampu menghafal lebih dari 25 surat dan masuk ke dalam wisudawan 25 surat yang terdiri dari kelas 2-4 SD.

Kepala SDIT Binaul Ummah Kelurahan Ciguur, Rayanti Puri, S.Pd, didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Keagamaan, Yoga Mahendra SPd, mengatakan, tujuan terselenggaranya wisuda tahfidz quran tersebut adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa/siswa yang memiliki semangat dalam menghafal all-qur'an, sekaligus menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk lebih giat lagi dalam menghafal kitab suci al-qur'an. Selain itu, bertujuan untuk menyiapkan generasi robbani sesuai dengan visi misi sekolah yakni; membangun karakter peserta didik sesuai al-qur'an dan sunnah nabi.

“SDIT Binaul Ummah memulai program tahsin-tahfidz sejak awal dibangunnya sekolah, hal ini merupakan salah satu program unggulan di sekolah kami. Ada beberapa mekanisme yang harus dilaksanakan oleh siswa untuk mengikuti wisuda quran tahun ini. Adapun siswa-siswi yang akan diikutsertakan dalam wisuda harus sudah hafal 1 juz (juz 30) dan sudah hafal 25 surat (surat An-Nas sampai dengan Al-Fajr) bagi wisudawan 25 surat. Selain itu peserta harus dinyatakan lulus munaqosah (ujian wisuda) bil ghoib,” papar Rayanti yang akrab disapa Yanti itu.


Ditambahkannya, sebelum masuk pelaksanaan wisuda tahfidz siswa SDIT Binaul Ummah, sejak kelas 1 memulai belajar membaca dan membaguskan bacaannya sesuai tajwid. Kepada para siswa-siswi yang mengikuti wisuda, pihaknya berpesan untuk selalu menjaga hafalan dan berlatih untuk mengamalkan isi kandungan al-qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Sekali lagi kepada anak-anaku, wali murid, ustadz/ustadzah, guru kelas, dan komite atas perjuangan, kesabaran dan keikhlasannya, melalui program tahfidz ini, semoga SDIT Binaul Ummah bisa mencetak generasi yang mencintai al-qur'an sehingga menjadi sekolah yang penuh berkah, manfaat bagi kemaslahatan umat dan selalu istiqamah," harapnya.


Ketua yayasan, DR Rohidin, M.M.Pd, mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi serta menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua dewan guru beserta jajarannya yang telah mensukseskan pelaksanaan wisuda qur'an perdana di SDIT Binaul Ummah ini. Semoga program wisuda qur'an tersebut dapat berjalan dengan lancar untuk dilaksanakan setiap tahun upaya memotivasi anak-anak agar tetap semangat dalam menghafal dan mengamalkan al-qur'an tersebut.

“Saya berpesan pada anak-anak yang diwisuda hari ini, jangan merasa berpuas diri, karena hal ini bukan akhir dari perjalanan kalian dalam menghafal Al-quran. sebab masih banyak hal yang harus kalian lalui, apabila kita memutuskan hafalannya, maka jangan lupa untuk terus muroja'ah atau mengulang hafalan tersebut," ujar Rohidin.

Sementara wali santri dengan ungkapan yang sama mengemukakan, pihaknya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh ustadz/ustadzah yang sudah membimbing anak-anak hingga bisa melaksanakan wisuda. Harapannya, sebagai orang tua, semoga bapak/ibu terus membimbing anak-anak baik dalam segi meningkatkan kualitas hafalan, kualitas bacaan dan muroja'ah (mengulang hafalan).

“Dengan adanya program tahfidz di sekolah ini diharapkan, paling tidak anak-anak kami mempunyai hafalan al-qur'an disertai akhlak mulia sebagaimana yang tersurat dalam al-qur'an. Semoga mereka (anak-anak tersebut), bisa menjadi penolong, menyelamatkan serta dapat membahagiakan kami di akhirat nanti,” harap mereka. (Wn)