13 Perwira Siswa Dikreg LVII Seskoad KKL di wilayah kerja Kodim 0613/Ciamis


JABARCENNA.COM | CIAMIS,- Perwira Siswa (Pasis) pendidikan reguler LVII Sekolah Komando Angkatan Darat Bandung Tahun Anggaran 2022 melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di wilayah kerja Komando Distrik Militer 0613/Ciamis. KKL ini dilakukan para Perwira Siswa Seskoad selama lima hari dari tanggal 18-22 Juli 2022.

Sebanyak 13 Perwira Siswa Dikreg LVII Seskoad Tahun 2022 yang melakukan KKL di wilayah kerja Kodim 0613/Ciamis. Dimana Perwira Siswa itu 12 merupakan anggota TNI Angkatan Darat dan 1 orang anggota Polri.

Salah satu instansi yang dikunjungi untuk bahan penelitian Pasis Dikreg LVII Seskoad Tahun 2022 yakni Mapolres Ciamis, di Jalan Jend. Sudirman No.271, Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (20/7/2022).


Kedatangan Pasis Seskoad di Mapolres Ciamis disambut langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., dan Wakapolres Ciamis Kompol Apri Rahman beserta jajaran. Selama di KKL tersebut, Pasis Seskoad didampingi Koordinator siswa wilayah kerja lapangan, Kolonel Inf Yudi Gumilar dan Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., beserta jajaran.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., mengatakan, pagi hari ini Polres Ciamis kedatangan Perwira Siswa dari Seskoad berjumlah 13 orang. Pada intinya kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kuliah kerja lapangan dengan tema "Sinergitas dengan elemen dan komponen-komponen daerah".

"Alhamdulillah sudah kami terima dan mudah-mudahan kegiatan yang berlangsung bisa menambah khasanah ilmu bagi rekan Pasis Seskoad dan bisa dibawa untuk perbaikan kedepan," kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.


Sementara itu, Perwira Siswa Seskoad Mayor Inf Pande Gede mengungkapkan bahwa KKL banyak ilmu yang didapat di Polres Ciamis. Terutama kolaborasi integritas antara satuan Komando kewilayahan di TNI dalam hal ini Kodim 0613/Ciamis dan Polres Ciamis.

"Bentuk kegiatan kami berupa penelitian, dengan mewawancarai Kapolres, staf menanyakan bagaimana kolaborasi yang dilakukan Polres dengan Kodim seperti apa di lapangan. Tentunya kami akan menganalisa hal tersebut dan mudah-mudahan kami bisa memberikan masukan yang terbaik untuk kedepannya agar lebih optimal lagi," tutur Mayor Inf Pande Gede.

Selain itu, Perwira Siswa Seskoad Kowad Mayor Hera mengungkapkan antusiasnya dan berbangga sekali karena bisa melebur, berkolaborasi dengan institusi yang ada di Kabupaten Ciamis. Seperti Pemda, Polri, Kejaksaan dan lain sebagainya.

"Itu kita bisa berbaur dan mendeteksi sejauh mana hubungan antara Kodim kewilayahan dengan instansi-instansi terkait. Kita bisa tahu bagaimana program-program teritorial dilaksanakan Binter dan Komsos serta lain sebagainya," katanya./Tema