Penganugerahan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Banjar Tahun 2022


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Setda Kota Banjar. Kamis 25 Agustus 2022 Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., dengan didampingi oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S. Pd.,M.H., menghadiri acara Penganugerahan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Banjar Tahun 2022.

Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna merupakan Agenda Tahunan Pemerintah Kota Banjar dengan Tujuan untuk mendukung Para Inventor untuk terus berkarya dalam menciptakan alat Teknologi Tepat Guna yang Ramah lingkungan dan memiliki nilai jual yang terjangkau, sehingga alat Inovasi TTG dapat mendukung para pelaku UMKM dalam memperoleh alat yang ekonomis namun berkualitas.

Peserta Lomba Inovasi TTG Tingkat Kota Banjar tahun 2022 terbagi dalam dua kategori, yaitu Kategori Pendidikan yang terdiri dari Siswa siswi SMK Dan Perguruan Tinggi Se-Kota Banjar serta Kategori Umum, terdiri dari masyarakat yang berdomisili di Kota Banjar.


Wali Kota mengapresiasi kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Banjar Tahun 2022, Lomba ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong budaya berinovasi di kalangan pemerintah daerah dan masyarakat serta mampu menumbuhkan semangat berkreasi yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Banjar.

Atas nama Pemerintah Kota Bajar, Saya mengapresiasi dan mendukung digelarnya kegiatan tersebut. Kegiatan ini melibatkan Pemerintah, Kalangan Akademisi serta masyarakat. Namun saya berharap, hasil dari lomba ini tidak hanya berhenti sampai disini, namun ada tindak lanjut dari pengembangan alat-alat yang dilahirkan sehingga mempunyai nilai jual dan bukan tidak mungkin akan muncul icon baru dari Kota Banjar. " Jelas Wali Kota.


Menurut Beliau resesi global yang melanda, harus dihadapi dengan inovasi-inovasi baru khusunya teknologi digital seperti saat ini dengan tetap memperhatikan potensi lokal yang dimiliki setiap daerah. "Kota yang maju adalah kota yang siap menghadapi digitalisasi dan siap menggunakan teknologi digital dalam setiap kegiatanya. Untuk itu diharapkan generasi muda kota Banjar merupakan generasi yang siap menggunakan teknologi tersebut." Pungkasnya.

Hasil kejuaraan

Kategori Umum, Juara 1 Nana Sutisna dari Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwaharja, Inovasi Mesin Penetas Telur Full Otomatis Sistem Rak Roller,

Juara 2 Didin Komarudin, S.T dari Desa Balokang Kecamatan Banjar, Inovasi Pemanfaatan Teknologi Mesin Pembubur Sampah Mini dan Juara 3 Andang Radiana dari Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar, Inovasi Pengaplikasian Mesin Rumput di Modif Penambahan Aplikasi Menjadi Rakitan Mesin Pemotong Padi.

Untuk Kategori Pendidikan, Juara 1 Vito Adi Pratama dari SMK Negeri 2 Banjar inovasi Sistem Kran Wudhu Otomatis Perbantuan Mikrokontroler Berbasis Solar Cell. Juara 2 Burhanudin, STIT Bina Putera Banjar, inovasi Perakitan Mesin Pengiris Kentang dan Juara 3 Anggun Dwi Pratiwi, SMK Negeri 2 Banjar, inovasi Konsep Penerapan Smart dan Green Building.

Penyerahan Penghargaan dilakukan oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum, Kepala Bappelitbangda, serta Ketua Kadin Kota Banjar./Tema