Kadip Pas Kanwil Kemenkumham Jabar Berikan Arahan Penguatan Tugas Dan Fungsi Kepada Pegawai Lapas


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Membentuk jajarannya menjadi petugas yang Profesional, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kanwil Kemenkumham Jabar Maulidi Hilal memberikan penguatan terkait tugas dan fungsi petugas Pemasyarakatan kepada pegawai Lapas Banjar di Aula Kantor Utama Lapas Banjar, Rabu 21 September 2022.

Dalam penguatannya, Kadivpas Jabar menyampaikan bahwa petugas Pemasyarakatan harus berpegang teguh pada Kunci Pemasyarakatan Maju yakni 3+1 dan Back to Basics. Aspek 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yakni dengan melakukan deteksi dini, berantas narkoba, serta senantiasa membangun sinergi dengan aparat penegak hukum.

“Laksanakan Back to Basics dalam lingkungan kerja kita dengan kembali implementasikan prinsip-prinsip dasar Pemasyarakatan. Ikuti peraturan yang telah ditetapkan dengan tetap berpegang pada kode etik petugas Pemasyarakatan”, ungkap Hilal.

Seluruh petugas agar menjaga performance salahsatunya tertib dalam berpakaian dinas, sesuai dengan ketentuan dan mengikuti perkembangan aturan khususnya dalam penggunaan atribut.

Lebih lanjut Hilal menegasakan agar dalam melaksanakan tugas menanamkan Hakikat Pengabdian antara lain Yakin Allah Melihat Kita, Bekerja Tanpa Diperintah, Tanggung Jawab Tanpa Diminta, Berbuat Tanpa Pamrih dan Disiplin Tanpa Diawasi.

“Kita semua sebagai pegawai agar ingat perjuangan saat kita ingin menjadi ASN Kemenkumham, sehingga jangan tergiur oleh bentuk – bentuk penyimpangan apalagi merupakan Tindak Pidana”.

“Terkait Tindak Pidana Umum maupun Narkoba, menyelundupkan handphone ke dalam Lapas, pungutan liar dan pelanggaran kode etik petugas Pemasyarakatan, apabila ada petugas yang melakukan perbuatan indisipliner tersebut, selaku pimpinan saya sampaikan secara Tegas akan kita Tangkap, Tindak dan Pecat”, tegas Hilal.

Menutup arahan dalam penguatannya, Hilal berpesan agar seluruh petugas Lapas Banjar selalu taat perintah, hormat pada pimpinan, selalu siaga, berkomitmen, jaga Korsa, memiliki energy dan daya tahan tubuh yang tangguh dan bekerja secara simultan, pungkas Hilal.

Kalapas Banjar Mohamad Maolana, menuturkan bahwa seluruh petugas Lapas Banjar senantiasa melaksanakan tugas sesuai SOP dan senantiasa menjaga marwah Pemasyarakatan. Menindaklanjuti arahan pada penguatan oleh Kadivpas, pihaknya akan terus melakukan Internalisasi khususnya terkait Kunci Pemasyarakatan Maju 3+1 Program Back To Basic, tutur Maolana./Tema